PKS Dinilai Bakal Legowo Kadernya Tak Jadi Cawapres, Asal Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

PKS Dinilai Bakal Legowo Kadernya Tak Jadi Cawapres, Asal Anies Baswedan Maju Pilpres 2024 Kredit Foto: Humas PKS

Direktur Eksekutif Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) Hadi Suprapto Rusli meyakini PKS tidak akan memaksakan kadernya menjadi calon wakil presiden (Cawapres) jika NasDem-Demokrat setuju mencapreskan Anies Baswedan.

"Kalau memang ada calon yang bagus, satu visi, dia tidak akan ragu untuk mendukung calon tersebut. Misalnya saat mendukung Anies di DKI dan Prabowo di Pilpres kemarin," ujar Hadi dikutip dari KBA News, Kamis (29/9/2022).

Baca Juga: PKS Kecewa Berat MK Tolak Gugatan Presidential Threshold: Capres 2024 Akan Terbatas!

Diketahui bahwa pada Pilgub DKI 2017 dan Pilpres 2019, Anies dan Prabowo sama-sama berpasangan dengan Sandiaga Uno yang bukan kader PKS.

Menurutnya, apalagi saat ini kader PKS di berbagai daerah sudah menunjukkan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

"Karena selama ini pemilihnya dan pengurusnya secara tidak langsung kalau saya lihat gesturnya memang ke Anies," terang pengamat politik tersebut.

Baca Juga: PKS Desak Jokowi Tunda Pengadaan Mobil Listrik Pejabat: Rakyat Lagi Susah!

Lebih lanjut dia menjelaskan, PKS juga akan realistis, mengingat elektabilitas kader-kadernya yang masih rendah. Jika tetap memaksakan kadernya mendampingi Anies, bisa jadi pasangan calon tersebut tidak akan menang.

“Tentu dia tidak akan memaksakan atau menyodorkan nama yang kira-kira berdampak pada kemenangan itu sendiri. Kepentingan itu yang harus dilihat,” ucapnya.

Baca Juga: MK Tolak Gugatan Presidential Threshold 20 Persen, PKS: MK Tidak Berani Melawan Kekuatan yang Besar!

Selain itu, PKS juga sejauh ini tidak punya alternatif Capres selain Anies. Sebab, nama-nama Capres potensial lainnya berasal dari kubu pendukung pemerintah yang berseberangan dengan PKS.

Makanya, partai dakwah ini sebisa mungkin akan menjaga kekompakan dengan NasDem dan Demokrat agar Anies bisa diusung sebagai capres.

“Di luar Anies kan rata-rata gerbong pemerintah. Jadi agak sulit kalau saya lihat (PKS) akan masuk ke sana,” tandasnya.

Baca Juga: Bandingkan Relawan Anies dengan Ganjar, Rocky Gerung: Kalau Ganjar, Relawannya Harus Diberi Uang Jajan Dulu

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover