Puan Maharani Bikin Elektabilitas PDIP Anjlok? Masinton Kekeh Bela: Survei Tidak Bisa Memutuskan

Puan Maharani Bikin Elektabilitas PDIP Anjlok? Masinton Kekeh Bela: Survei Tidak Bisa Memutuskan Kredit Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Politisi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu menyoroti hasil survey Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang mengatakan jika PDIP benar mengusung Puan Maharani menjadi calon presiden (capres) maka tidak akan meningkatkan elektabilitas partai. 

Ia mengaku enggan menanggapi soal survey tersebut. Menurutnya, survey tidak menjadi satu-satunya indikator untuk mengambil keputusan soal pencapresan PDIP.

“Survei itu kan salah satu metode, survey itu bukan satu-satunya indikator untuk mengambil keputusan,” tutur Masinton kepada wartawan dilansir dari suara.com, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Heboh soal Tabloid Anies Baswedan Sampai Dilaporkan Karena Kampanye Terselubung, Bawaslu: Belum Terdapat Pelanggaran

Masinton menilai, hasil survey itu hanya bisa memotret apa yang terjadi sekarang, bukan mengukur apa yang terjadi pada masa depan.

“Survei itu potret persepsi yang kemarin, survey kan tidak bisa memotret persepsi ke depan,” ujarnya.

Ia menegaskan dalam beberapa kesempatan hasil survey sering digunakan dalam mempertimbangkan keputusan apalagi pencapresan. Namun, ia menilai itu hanyalah sebagai salah satu bagian saja.

Baca Juga: Beredar Isu Jokowi Jadi Cawapres Prabowo, PDIP: Ya Janganlah, Jangan Mau Jadi Wapres...

“Survei itu sebagai sebuah potret yang kami gunakan ya, tetapi bukan satu-satunya dalam variable untuk memutuskan keputusan,” ucapnya.

Sebelumnya, SMRC merilis hasil survei terkait efek elektabilitas PDIP soal pencalonan presiden. Hasil tersebut mengatakan bahwa jika PDIP mengusung Puan maka tidak akan meningkatkan suara partai.

"Kami masukan treatment pertama yaitu Mbak Puan, sebagai treatment. Kalau tanpa Mbak Puan saja, netral saja, tanpa nama, itu PDIP dapat 28 (persen), kalau dimasukan Mbak Puan, jadi 25, menurun sedikit," ujar Pendiri SMRC, Saiful Mujani dalam paparannya dari tayangan Youtube SMRC TV, Kamis (29/9/2022).

"Sekarang, jadi Mbak Puan tidak meningkatkan elektabilitas PDIP. Kalau dia dicalonkan, minimal hanya stabil saja, bahkan kurang sedikit," lanjutnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Heru Budi Haruskan Seluruh Masjid di Jakarta Setor 50 Persen Infak ke Ormas, Dokter Eva: Hati-hati Bro, Ini soal Amanah

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover