Rakyat Tagih Janji Anies Cabut Pergub Penggusuran: Udah Mau Lengser Belum Terealisasi

Rakyat Tagih Janji Anies Cabut Pergub Penggusuran: Udah Mau Lengser Belum Terealisasi Kredit Foto: Istimewa

Koalisi Rakyat Menolak Penggusuran (KRMP) menagih janji kampanye Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Mereka mendesak Anies segera mencabut Peraturan Gubernur Nomor 207 Tahun 2016 tentang Penerbitan Pemakaian/Penguasaan Tanah Tanpa Izin yang Berhak.

Pasalnya, Anies pernah berjanji akan membangun Kota Jakarta dengan tanpa melakukan penggusuran. Ia juga menyatakan bahwa penggusuran sangat tak sesuai dengan kemanusiaan.

Baca Juga: Tiga partai politik siap dukung Anies Baswedan menuju Pilpres 2024, siapa saja?

Namun demikian, Anies tak kunjung merealisasikan janji politiknya tersebut hingga masa jabatannya akan habis pada 16 Oktober 2022.

Perwakilan KRMP Jihan Fauziah Hamdi mengatakan pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan kepada Anies agar mencabut Pergub DKI 207/2016, tetapi warga justru digantung dengan ketidakpastian.

"Realitanya, hingga beberapa hari lagi terhitung akan berakhirnya masa jabatan Anies selaku Gubernur DKI Jakarta, Anies justru membiarkan ancaman praktik penggusuran paksa," ujar Jihan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Selama Berkuasa, Anies Baswedan Bikin Ratusan Kepala Keluarga Kehilangan Tempat Tinggal Karena Penggusuran

Jihan menjelaskan, pihaknya telah melayangkan surat permohonan pencabutan Pergub 207/2016 kepada Anies pada 10 Februari 2022. Bahkan, KRMP menggelar aksi unjuk rasa di Balaikota Jakarta.

Kemudian, pada April 2022 KRMP sempat beraudiensi dengan Anies. Namun, sampai saat ini Anies tak kunjung mencabut Pergub yang diedarkan di era Basuki Tjahja Purnama atau Ahok tersebut.

Belakangan, pada Agustus 2022 Anies buka suara terkait pencabutan Pergub ini. Ia menyebut pencabutan Pergub tersebut harus menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga: KRMP Tagih Janji Kampanye Anies Baswedan: Hampir Setengah Tahun...

Namun, Kemendagri membantah pernyataan Anies itu, dan mengatakan belum terima Pergub penggusuran dari Pemprov DKI Jakarta.

Oleh karena itu, Jihan menilai bahwa Pemprov DKI tidak transparan dalam menjalankan proses pencabutan Pergub DKI 207/2016 tersebut.

Baca Juga: Ikut Sholat Tahajud, Habib Rizieq Shihab Tiba-tiba Muncul di Reuni 212!

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover