Kantor Anies Baswedan Digruduk Massa yang Kesal dengan Penggusuran, Wagub Ariza Pasang Badan, Pendemo Dibisiki Janji Manis!

Kantor Anies Baswedan Digruduk Massa yang Kesal dengan Penggusuran, Wagub Ariza Pasang Badan, Pendemo Dibisiki Janji Manis! Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat digrurduk massa yang menamakan diri Koalisi Rakyat Menolak Penggusuran (KRMP) Jumat (30/9/2022). Mereka mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera mencabut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 206 Tahun 2016 yang melegitimasi penggusuran paksa.

Wakil Gubenur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria yang menemui para pendemo tersebut mengaku segera menindaklanjuti tuntutan para pengunjuk rasa. Riza kemudian membacakan pesan yang ia terima langsung dari Biro Hukum.

Dimana Pergub yang saat ini dituntut oleh para pendemo sudah masuk dalam proses finalisasi untuk pencabutan. Upaya ini, disebut selaras dengan apa yang diinginkan oleh Gubernur Anies Baswedan.

Baca Juga: Penampilan Putri Candrawathi Berubah Drastis, Masuk Kantor Polisi Pakai Outfit Seharga Rp21 Juta, Pas Keluar Sudah Pakai Baju Tahanan!

"Ini saya dapat informasi dari biro hukum, pencabutan Pergub 207 sedang proses final untuk masuk fasilitasi. Dalam satu Minggu ke depan, mudah mudahan bisa selesai pencabutan," kata Ariza di hadapan para pendemo.

"Permintaan Pak Gubernur sejak awal mau mencabut pergub tersebut, hanya proses administrasinya membutuhkan waktu karena pencabutan tersebut belum masuk dalam program penyusunan Pergub tahun 2022," lanjutnya. 

Masih kurang puas dengan pernyataan Riza, salah satu fasilitator pendemo kemudian membuat penegasan bahwa pihaknya siap menduduki Gedung Balai Kota jika dalam dua minggu ke depan Pergub tersebut tak kunjung dicabut.

Riza lantas menanggapi lagi. Ia mengatakan bahwa tuntutan masyarakat itu sudah sesuai dengan visi dari Gubernur Anies, karena Pergub tersebut dikeluarkan oleh gubernur sebelumnya. Ia pun akan mengupayakan agar Pergub tersebut bisa dicabut sebelum Anies lengser.

"Tadi sudah saya sampaikan insyaallah sebelum 16 Oktober Pergubnya sudah dicabut. Jadi harapan teman-teman itu suatu yang baik sesuai dengan visi misi program," ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jihan Fauziah yang ikut tergabung dalam KRMP mengatakan bahwa pihaknya sudah melalui perjalanan panjang, dan memberikan waktu bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencabut Pergub 207/2016.

Baca Juga: Ferdy Sambo Cs Segera Diseret ke Kursi Pesakitan, Kata-kata Ibunda Brigadir J Sungguh Menggelegar, Pasang Kuping Baik-baik!

"tujuh bulan telah berlalu sejak Koalisi Rakyat Menolak Penggusuran melayangkan surat permohonan pencabutan Peraturan Gubernur DKI Jakarta 207/2016 tentang Penertiban Pemakaian/Penguasaan Tanah Tanpa Izin Yang Berhak. Namun, hingga hari ini, warga justru digantung atas ketidakpastian pencabutan Pergub tersebut," ujarnya di lokasi aksi, Jumat (30/9/2022).

Baca Juga: Jokowi Ngumpul Bareng Relawan di GBK, Murid Tertua Rizieq Ngomel-ngomel: Biayanya dari Mana Tuh? Mending Buat Korban Gempa Cianjur!

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover