Perhatian! Pandemi Masih Ada, Indonesia PPKM Level 1, Tapi Sampai Kapan?

Perhatian! Pandemi Masih Ada, Indonesia PPKM Level 1, Tapi Sampai Kapan? Kredit Foto: Republika

Meski sudah longgar, namun kebijakan PPKM di Indonesia masih diberlakukan. Saat ini, Indonesia berada di level 1 PPKM. 

"Saat ini pandemi belum selesai. PPKM masih ada, PPKM level 1," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti dalam diskusi Jakarta Innovation Days yang dikutip dalam Youtube Pemprov DKI, Jumat (30/9). 

Namun, meskipun masih diberlakukan PPKM, dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat dapat diyakinkan bahwa pandemi covid-19 dapat segera berakhir. 

Lebih lanjut, yang menjadi sebuah pertanyaan, kapankah status pandemi berakhir? Budi Gunadi selaku Menteri Kesehatan menjelaskan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan berakhir jika sudah ada arahan dari Presiden Jokowi

Baca Juga: Larang Aksi Demo Tolak Harga BBM, PPKM Diperpanjang hingga Oktober?

Baca Juga: Batal PPKM Level 2 di Jabodetabek, Ini Alasan Kemendagri

Di lain hal, status PPKM bisa berakhir jika kebijakan terkait status gawat darurat covid-19 dicabu dengan begitu status PPKM saat ini tidak akan ada lagi.

Meskipun, pada akhirnya PPKM dicabut. Atmosfer dan euforianya akan tetap sama seperti pada saat PPKM. 

Sebenernya dicabut atau enggaknya PPKM menurut Windhu Purnomo selaku Epidemiolog Universitas Airlangga, yang terpenting tetap mematuhi protokol yang seharusnya dan tetap dijalankan seperti vaksinasi dan tetap memakai masker hingga virus benar-benar dinyatakan hilang. Lagi pula, yang bisa mencabut status pandemi adalah WHO. 

Baca Juga: Klarifikasi Hoaks ‘Munajat untuk Anies Baswedan’ Bareng Habib Rizieq, NasDem Diketawain: Wkwk Repot Sendiri Kan?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover