Kapolri Gelandang Putri Candrawathi ke Penjara, Kriminolog UI Beri Respons, Omongannya Nggak Disangka-sangka: Ini Tindakan…

Kapolri Gelandang Putri Candrawathi ke Penjara, Kriminolog UI Beri Respons, Omongannya Nggak Disangka-sangka: Ini Tindakan… Kredit Foto: Yohanes A Kopong Corebima

Kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala ikut menyoroti langkah pihak kepolisian menjebloskan istri Eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi ke penjara terkait kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J). 

Adrianus menilai keputusan Polri menahan Putri Candrawathi perlu diapresiasi.Itu adalah kebijakan tepat sebab mempermudah proses penyerahan berkas, barang bukti hingga tersangka  ke Kejaksaan Agung untuk selanjutnya disidang. 

"Tindakan ini dilakukan untuk efisiensi, dari pada Jaksa meminta tapi PC ada di luar Kota, langsung saja disiapkan (ditahan). Jadi lebih memudahkan pemindahan dari tahanan Polri menjadi tahanan Kejaksaan," ujar Adrianus dalam siaran persnya, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Putri Candrawathi Baru Ditahan Setelah Dua Bulan Jadi Tersangka Gegara Alasan Kemanusian, Omongan Pakar Hukum Telak Banget!

Adapun Putri Candrawathi ditahan  setelah menjalankan pemeriksaan kesehatan di Bareskrim Polri, di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022). Putri baru ditahan setelah hampir dua bulan ditetapkan menjadi tersangka pembunuhan Brigadir J yang diotaki suaminya. 

Putri ditetapkan menjadi tersangka pada 19 Agustus 2022 lalu namun tak langsung ditahan karena alasan kemanusian, ini berbeda dengan empat tersangka lain yang langsung dijeboloskan ke penjara usai ditetapkan menjadi tersangka. 

"Langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini juga menepis anggapan bahwa Polri semacam memberikan perlakuan berbeda terhadap PC dibandingkan yang lain," sambungnya.

Adrianus mengatakan, setelah berkas perkara Sambo Cs sudah berstatus P21 atau lengkap, penyidik Polri melakukan penahanan terhadap Putri untuk memudahkan pelimpahan tahan II. Sebab, langkah ini lebih efisien ketimbang Putri ditahan jauh hari sebelumnya.

Baca Juga: Febri Diansyah Bilang Bu Putri Candrawathi Ikhlas Dibui, Celetukan Kamaruddin Simanjuntak Nyelekit: Artinya Sudah Tulus Dihukum Mati!

"Dengan tidak ditahannya jauh-jauh hari, prosesnya menjadi normal dan pada akhirnya kan tetap dihitung potongan masa tahanan. Ini saya kira bukan isu. Sebetulnya masyarakat saja yang mungkin tidak sabar atau ada tendensius kepada polri," ujar Adrianus.

Baca Juga: Jika Habib Rizieq Cs Pilih Anies Baswedan di Pilpres 2024, Prabowo Subianto Bakal Ditinggal Gara-gara Ini!

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover