Tragedi Kanjuruhan, Posisi Kapolda Jatim Aman Terus, Padahal Kata Ferdy Sambo Dua Tingkat Diatasnya Harus Bertangung Jawab!

Tragedi Kanjuruhan, Posisi Kapolda Jatim  Aman Terus, Padahal Kata Ferdy Sambo Dua Tingkat Diatasnya Harus Bertangung Jawab! Kredit Foto: Istimewa

Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang dalam pertandingan Arema FC versus Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10/2022) berbuntut pencopotan Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat.

Dia dicopot Kapolri Jenderal Listyo Sigit lantaran tembakan gas air mata yang dilakukan anak buahnya, dimana gas air mata itu disinyalir menjadi penyebab tewasnya ratusan penonton itu.

Langkah tegas Kapolri mencopot Kapolres Malang rupanya tidak bisa membuat masyarakat tenang, seharusnya Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta juga ikut didepak buntut peristiwa ini.

Hal ini pula yang mengingatkan masyarakat akan pernyatan eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo yang sempat mengatakan, jika ada anak buah di lapangan yang bersalah, maka senior dua tingkat diatasnya harus bertanggung jawab. Kalau mengacu pada pernyataan itu maka, Irjen Nico Afinta memang sudah pantas didepak dari jabatannya. 

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Ade Armando Blak-blakan Salahkan Aremania: Mereka Sombong, Bergaya Preman, Menantang dan Merusak!

“Lantas kenapa hanya Kapolres Malang ? Bagaimana dengan Kapolda Jatim?,” kata Kabid Advokasi Hukum dan HAM PW GMPI Jatim A Imam Santoso saat dihubungi, Selasa (4/10/2022).

Imam Santoso menegaskan, Kapolda Jatim pantas di depak sebab proses pengamanan di Kanjuruhan jelas atas sepengetahuan dirinya. Apalagi yang bersangkutan juga sempat mengatakan tidak ada yang  salah dari aksi  tembakan gas air mata yang dilakukan petugas ke arah  tribun penonton, dimana di tribun penonton terdapat banyak anak kecil dan penonton perempuan. 

“Kapolres dinonaktifkan berarti pernyataan Kapolda Jatim yang menyatakan bahwa tindakan petugas keamanan di stadion itu sudah tepat adalah berbanding terbalik dengan tindakan kapolri,” tuturnya.

Seperti diketahui, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat resmi dicopot dari jabatannya buntut tragedi Kanjuruhan Malang. Kapolres Malang dicopot usai diperiksa Itsus dan Propam atas tragedi yang menewaskan 125 suporter Arema FC.

Baca Juga: Paloh Tunjuk Anies Baswedan Jadi Capres, Ketua DPP NasDem Pro Ahok Langsung Minggat, Kata-katanya Pas Pamitan Nyelekit Abis!

Pencopotan AKBP Ferli Hidayat sebagai Kapolres Malang juga berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/20/98/X/KET2022. Sehingga cukup mengherankan, sejauh ini Kapolda Jatim belum juga dicopot.

Baca Juga: Surya Paloh Tak Hadir di Nikahan Anak Jokowi, Politisi NasDem Ungkap Sebabnya! Ternyata....

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover