Survei SSI: Suara Pemilih PDIP Terbelah untuk Ganjar, Prabowo, dan Anies

Survei SSI: Suara Pemilih PDIP Terbelah untuk Ganjar, Prabowo, dan Anies Kredit Foto: Rakyat Merdeka

Lembaga Skala Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei pilihan partai politik dan kecenderungannya dalam memilih kandidat presiden.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim menyatakan, saat ini parpol yang banyak dipilih adalah PDIP sebesar 19,6 persen, disusul Partai Gerindra sebesar 11,4 persen, Partai Golkar sebesar 9,6 persen, Partai Demokrat sebesar 7,1 persen, PKB sebesar 6,6 persen, PKS sebesar 5,0 persen, Partai NasDem sebesar 4,1 persen, PPP sebesar 3,2 persen dan PAN sebesar 2,4 persen.

Dari basis pemilih parpol di atas, Abdul Hakim kemudian mencoba melihat distribusi kecenderungan dukungan pemilih parpol ini terhadap tiga kandidat capres yang memiliki tingkat eleksi terbaik, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Baca Juga: Tugas NasDem Makin Berat, Demokrat: Harus Proaktif Cari Cawapres Anies

“Dari 100 persen pemilih PKB, 40,5 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 19,0 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 1,3 persen akan memilih Anies Baswedan. Sementara dari 100 persen pemilih Gerindra, 81,8 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 6,6 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 3,6 persen akan memilih Anies Baswedan,” kata dia.

“Kemudian dari 100 persen pemilih PDIP, 28,9 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 44,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 4,3 persen akan memilih Anies Baswedan. Sedangakan dari 100 persen pemilih Golkar, 27,0 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 14,8 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 17,4 persen akan memilih Anies Baswedan,” kata Abdul Hakim menambahkan.

Baca Juga: Anies Jadi Capres 2024, Ganjar Pranowo Ogah Berkomentar: Wah Enggak!

Untuk NasDem, kata dia, dari 100 persen pemilihnya, 40,8 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 4,1 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 40,8 persen akan memilih Anies Baswedan

Sementara PKS, 16,7 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 11,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 41,7 persen akan memilih Anies Baswedan. Sedangkan pemilih PPP, 18,4 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 18,4 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 15,8 persen akan memilih Anies Baswedan.

Baca Juga: Ferdinand: Anies Sibuk Deklarasi Capres Sambil Tinggalkan Jam Kerja, Ganjar Justru Sibuk Bekerja Turun ke Bawah!

Sedangkan pemilih PAN, 27,6 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 3,4 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 58,6 persen akan memilih Anies Baswedan. Dan pemilih Demokrat, 20,0 persen diantaranya akan memilih Prabowo Subianto, 15,3 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 17,6 persen akan memilih Anies Baswedan.

“Dari sini bisa dilihat bahwa kecenderungan pemilih parpol yang paling solid adalah Partai Gerindra dalam mendukung Prabowo Subianto, yakni mencapai 81,8 perses. Sementara untuk parpol lainnya, kecenderungan solid dalam mendukung kandidat capres tertentu belum nampak terlihat signifikan," kata Abdul Hakim.

Baca Juga: Klarifikasi Hoaks ‘Munajat untuk Anies Baswedan’ Bareng Habib Rizieq, NasDem Diketawain: Wkwk Repot Sendiri Kan?

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover