Umumkan Ganjar Jadi Capres, Usai Deklarasi Anies, Pengamat: PSI Kecentilan!

Umumkan Ganjar Jadi Capres, Usai Deklarasi Anies, Pengamat: PSI Kecentilan! Kredit Foto: Humas PDIP

Peneliti dari lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro menanggapi langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 hanya untuk mencari perhatian semata.

“PSI kecentilan,” tutur Bawono dilansir dari Republika.co.id, Selasa (4/10/2022). 

Menurutnya, langkah PSI itu hanya untuk mencari perhatian lantaran PSI tak memiliki kursi di DPR RI saat ini. Dengan begitu, tak memiliki arti apapun secara politik atas dukungan PSI terhadap Ganjar Pranowo.

Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mewajibkan untuk pasangan calon diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik memenuhi ambang batas untuk pencapresan 20 persen kursi di DPR.

Alasan kedua merupakan Ganjar Pranowo kader milik partai lain, yakni kader PDIP.

“Apakah PSI sudah izin kepada PDI Perjuangan sebelum memutuskan mengumumkan pencalonan gubernur Jawa Tengah tersebut? Padahal proses politik di internal PDI Perjuangan sendiri masih berjalan dan belum ditetapkan siapa pun kader untuk diusung di pemilihan presiden mendatang,” katanya.

Baca Juga: Sebelum Umumkan Anies Jadi Capres, AHY Ungkap Nasdem Sempat Komunikasi Dulu, Buat Apa?

Diketahui, PSI mengumumkan Ganjar sebagai capres partai, tidak lama setelah partai Nasdem mengumumkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengumumkan penetapan capres melalui Zoom. DPP PSI resmi mengusung capres Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Yenny Wahid.

Baca Juga: Sempat Rival di Pilgub Jakarta 2017, Sekarang Anies Masuk Kriteria Duet dengan AHY, Begitulah Pilihan Politik!

"Dari hasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan bahwa: Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI 2024. Sejak awal, Mas Ganjar unggul dibanding kandidat lain. Bagi PSI, Ganjar Pranowo adalah calon terbaik karena memiliki visi Kebangsaan dan Kebhinekaan yang sama dengan apa yang selama ini diperjuangkan oleh PSI," kata Grace dilansir dari Republika.co.id pada Selasa (4/10/2022)..

Baca Juga: Klarifikasi Hoaks ‘Munajat untuk Anies Baswedan’ Bareng Habib Rizieq, NasDem Diketawain: Wkwk Repot Sendiri Kan?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover