Dibui di Rutan Milik Polisi, Penahanan Putri Candrawathi Malah Bikin Curiga, Jangan-jangan….

Dibui di Rutan Milik Polisi, Penahanan Putri Candrawathi Malah Bikin Curiga, Jangan-jangan…. Kredit Foto: Yohanes A Kopong Corebima

Mantan Pengacara eks penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, Saor Siagian mengaku penahanan tersangka pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat (Brigadir J) yang dilakukan di rumah tahanan (Rutan) Mako Brimob Polri,  Kelapa Dua, Depok justru bikin masyarakat semakin curiga. 

Dia mengatakan kecurigaan masyarakat yang muncul jangan sampai Putri tak ditahan di sana adalah  hal wajar, sebab Putri Candrawathi dan suaminya Ferdy Sambo sempat melakukan rekayasa untuk menutup kasus pembunuhan Brigadir J, di mana rekayasa itu juga melibatkan sejumlah anggota Polri. 

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Jeritan Ibu Saat Tribun Penonton Dihujani Tembakan Gas Air Mata: Bayi Saya Nggak Bernafas… Anak Saya Mati!

"Nah kita minta betul supaya dia jangan ditahan lagi di bawahnya kepolisian rumah tahannya polisi, karena persepsi publik sudah sempat kecurigaan yang pertama itu akan muncul terus" kata Saor Siagian dalam sebuah diskusi di salah  satu  stasiun televisi nasional dikutip Populis.id Rabu (5/10/2022). 

Agar masyarakat percaya Putri Candrawathi memang benar-benar sedang di bui, Saor meminta agar ibu empat anak itu dipenjara di rumah tahanan milik Kejaksaan Agung (Kejagung) dimana rutan milik kejagung disebut-sebut memiliki peraturan yang jauh lebih ketat. Lagi pula kata dia penahanan Putri Candrawathi di rutan Kejagung juga bakal mengurangi beban kepolisian. 

"Sehingga beban daripada kawan-kawan kepolisian itu kemudian berkurang dan berikan kepercayaan kepada rumah tahanan yang dititipkan oleh jaksa," tegas Saor Siagian. 

Sebagaimana diketahui, Putri Candrawathi resmi ditahan setelah menjalankan pemeriksaan kesehatan di Bareskrim Polri pada Jumat (30/9/2022). Penahanan Putri Candrawathi dilakukan setelah berkas perkara kasus pembunuhan berencana itu dinyatakan lengkap secara formil dan materil oleh Kejagung. 

Baca Juga: Buntut Tendangan Kungfu yang Bikin Aremania Terpental Pas Kerusuhan Kanjuruhan, 5 Anggota TNI Akhirnya Dibeginikan!

Putri Candrawathi sendiri merupakan satu dari lima tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Putri adalah tersangka terakhir yang ditahan setelah ditetapkan menjadi tersangka pada 9 Agustus 2022 lalu.

Hal ini berbeda dengan perlakuan terhadap empat tersangka lain yang langsung dijebloskan ke penjara setelah menjadi tersangka. Putri tak langsung ditahan karena alasan kemanusian, di mana dirinya masih mengasuh balita yang masih berusia 1,5 tahun

Baca Juga: Pj Gubernur Heru Budi Haruskan Seluruh Masjid di Jakarta Setor 50 Persen Infak ke Ormas, Dokter Eva: Hati-hati Bro, Ini soal Amanah

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover