Nah Lho! Sudah Sarankan Ubah Pertandingan Arema FC vs Persebaya Jangan pada Malam Hari, PSSI Ngaku Jadwal Sesuai Rekomendasi Polisi

Nah Lho! Sudah Sarankan Ubah Pertandingan Arema FC vs Persebaya Jangan pada Malam Hari, PSSI Ngaku Jadwal Sesuai Rekomendasi Polisi Kredit Foto: Fajar.co.id

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menanggapi sejumlah isu yang beredar mengenai tragedi Kanjuruhan. Salah satunya mengenai jadwal pertandingan yang berlangsung pada malam hari.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan usai pertandingan Arema FC dengan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) menewaskan ratusan orang. Presiden Joko Widodo mengintruksikan penyelidikan untuk mengusut tragedi tersebut.

Padahal, berbagai pihak sudah menilai pertandingan yang berlangsung pada malam hari sangat berisiko. Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali salah satu yang buka suara mengenai isu itu.

Ketua Tim Investigasi Komdis PSSI, Ahmad Riyadh mengatakan, penjadwalan sebuah pertandingan sudah melalui hasil komunikasi berbagai pihak. Ahmad mengungkapkan, ada usulan dari Persebaya mengenai jam tayang kepada panitia pelaksana (panpel). Lalu, panpel meneruskan ke otoritas liga, PT LIB.

Baca Juga: Soal Tragedi Kanjuruhan, Ini Jelas Bukan Kesalahan Satu Pihak!

“LIB datang ke polres untuk briefing jadwal. Dan akhirnya, keluar rekomendasi pertandingan tanggal 1 (Oktober), pukul delapan malam dari polisi. Pertandingan ini tidak akan terlaksana tanpa ada rekomendasi kepolisian setempat," tutur Ahmad dalam konferensi pers pada Selasa (4/10/2022).

Akmal juga menegaskan SOS sudah berkali-kali menyampaikan ke PSSI dan PT LIB untuk mengubah ulang jadwal pertandingan, karena laga yang berlangsung pada malam hari, sangat mengganggu keamanan dan kenyamanan. Ia menyebutkan alasan tersebut, berdasarkan fakta yang pernah terjadi sebelum tragedi Kanjuruhan ini.

Baca Juga: Ade Armando Bilang Tragedi Kanjuruhan Karena Suporter Arema, Tokoh NU Langsung Sentil: Gimana Orang Gak Membencimu Ade, Kau Hina yang Wafat

Sebelum ini terjadi, ada enam suporter yang meninggal dunia, termasuk salah satunya dari Arema dan suporter Persebaya karena kelelahan dan kecelakaan lalu lintas, akibat main di jam yang larut malam," ucapnya.

Baca Juga: Ngaku Pro Relawan Anies, Eh Rocky Gerung Bongkar Borok Para Relawannya Ganjar: Dikasih Uang Jajan Dulu Baru Jalan

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover