Andika Perkasa Sebut Prajurit TNI yang Tendang Suporter Terancam Dua Pasal Pidana Sekaligus!

Andika Perkasa Sebut Prajurit TNI yang Tendang Suporter Terancam Dua Pasal Pidana Sekaligus! Kredit Foto: Populis.id

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa geram dengan perilaku prajuritnya yang melakukan kekerasan terhadap suporter saat tradegi Kanjuruhan terjadi, Sabtu malam lalu.

Andika menyebut, prajurit TNI tersebut melakukan tindakan kekerasan terhadap suporter yang sebenarnya tidak menyerang dan membahayakan.

"Kalau seperti yang di video, beberapa oknum, itu kan mereka menyerang masyarakat atau individu yang tidak juga menyerang mereka. Bahkan juga membelakangi. Jadi, ya sangat-sangat enggak bagus," kata Andika di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Korban Tragedi Kanjuruhan Ini Meninggal Karena Ditendang Oknum TNI, Benarkah?

Dia juga menilai kalau praktik kekerasan yang dilakukan prajurit TNI terhadap suporter tidak merespons masalah yang terjadi di lapangan. Oleh sebab itu, Andika memastikan bagi prajurit yang bersalah akan dikenai sanksi dan diproses secara hukum.

"Minimal pasal 351 KUHP, minimal ya, Ayat 1. Belum lagi itu nanti KUHP M pasal 126, (soal) melebihi kewenangannya dalam bertindak, itu minimal. Jadi kami akan terus dan masing-masing pasal kan ada ancaman hukumannya," jelasnya.

Baca Juga: Korban Tragedi Kanjuruhan Ini Meninggal Karena Ditendang Oknum TNI, Benarkah?

Andika lantas membicarakan perihal prosedur tetap atau protap yang dijalankan ketika TNI melakukan pengamanan pertandingan sepak bola. Ia menyebut kalau protapnya TNI itu merupakan lapisan terakhir atau perbantuan untuk Polri.

"Di polisi itu kan ada SOP, jadi misal terjadi emergency, respons awal itu siapa? Apakah Sabhara, yang terakhir itu seingat saya Brimob, yang ketiga, nah, kita itu keempat, biasanya begitu," tuturnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Heru Budi Haruskan Seluruh Masjid di Jakarta Setor 50 Persen Infak ke Ormas, Dokter Eva: Hati-hati Bro, Ini soal Amanah

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover