Dukungan PSI Buat Mas Ganjar Gak Akan Bawa Pengaruh Besar, Apalagi Bukan Partai Parlemen!

Dukungan PSI Buat Mas Ganjar Gak Akan Bawa Pengaruh Besar, Apalagi Bukan Partai Parlemen! Kredit Foto: Humas PDIP

Peneliti Pusat Riset Politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati menilai dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi capres tidak akan berpengaruh secara signifikan.

Apalagi, Wasisto melanjutkan, partai yang dinahkodai Giring Ganesha itu belum mampu meraih kursi di Parlemen. Sehingga dukungan PSI itu tidak akan bisa membantu Ganjar untuk memenuhi aturan Presidential Threshold sebagai salah satu syarat untuk mengajukan calon presiden.

"Saya kira pengaruhnya tidak terlalu besar terlebih lagi karena PSI bukan partai parlemen," kata Wasisto saat dikonfirmasi Populis.id, Jumat (7/10/2022).

Baca Juga: Akhirnya Blak-blakan, Anies Baswedan Ungkap Pernah Tolak Tawaran Jadi Capres dan Cawapres untuk Pemilu 2019

Pengamat politik itu mengatakan, dukungan PSI terhadap Ganjar ini juga muncul sebagai imbas terpilihnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai NasDem. PSI disebut selalu berupaya untuk menjadi lawan tanding dari Anies, termasuk di Pilpres 2024 mendatang.

"Saya pikir nominasi Ganjar Pranowo adalah respons balik terhadap nominasi Anies Baswedan oleh NasDem. Dan kita tahu bahwa Anies Baswedan adalah lawan politik PSI," ujarnya.

Baca Juga: Beri Ucapan Selamat Kepada Heru Budi Sebagai Pj DKI, Anies Baswedan Janji Bakal Dukung Total

Namun begitu, Wasisto meyakini Ganjar tidak akan terburu-buru untuk memutuskan apakah dirinya maju sebagai calon presiden atau tidak. Sebagai salah satu kader PDIP,  Ganjar disebut masih berupaya untuk menjaga reputasinya di organisasi tersebut

"Saya pikir Ganjar Pranowo masih agak berhati-hati demi menjaga nama baik dan reputasi PDI Perjuangan," ungkapnya.

Baca Juga: Anies Safari Politik Ke Demokrat Saat 3 Siswa Tewas Gegara Banjir, Eh Digas Sama Orang Ini: Pantas Disebut Pejabat Publik Berdarah Dingin!

Sekedar diketahui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai sosok yang dianggapnya pantas menjadi calon presiden pada Pilpres 2024. Deklarasi ini dilakukan secara virtual, pada Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Surya Paloh Tak Hadir di Nikahan Anak Jokowi, Politisi NasDem Ungkap Sebabnya! Ternyata....

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover