Iwan Bule Didesak Mundur dari Jabatan Ketum PSSI, Menpora Langsung Bilang Ini

Iwan Bule Didesak Mundur dari Jabatan Ketum PSSI, Menpora Langsung Bilang Ini Kredit Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menegaskan tidak bakal mencampuri desakan publik yang meminta agar Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule untuk mundur dari jabatannya. Desakan tersebut semakin kencang, buntut dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

“Tidak, tidak, sama sekali. Silakan saja masyarakat,” tutur Menpora di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Ia kembali mengingatkan bahwa PSSI berada di bawah Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Sedangkan pemerintah hanya memberikan bantuan serta fasilitas.

“PSSI bernaung di FIFA, federasi kita hormati dan kita ada wilayah masing-masing. Pemerintah membantu dan memfasilitasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Saksi yang Unggah Video Tragedi Kanjuruhan Diduga Kena Intimidasi dan Terror, LBH: Kabar Ini Nggak Cuma Satu Dua Orang...

Menpora mengatakan, pemerintah benar-benar menjaga ranah masing-masing sehingga tidak ada intervensi. Ia tidak ingin FIFA menjatuhkan sanksi kepada PSSI seperti kejadian terjadi pada 2015 silam. 

“Jadi pemerintah menjaga betul di mana area pemerintah dan pemerintah tidak mau masuk ke ranahnya federasi. Karena kita tidak mau terulang lagi seperti yang 2015, karena pemerintah masuk terlalu dalam FIFA melihat bahwa ada intervensi. Ini saya jaga betul,” katanya.

Baca Juga: Ketua Panpel Malang Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Bantah Jual Tiket Lebih dari Kapasitas Stadion

Sebelumnya, masyarakat mendesak Iwan Bule untuk mundur dari jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI melalui petisi lewat laman Change.org buntut terjadinya tragedi Kanjuruhan, Malang. 

Baca Juga: Label Gereja Dicopot Para Pengungsi Setelah Terima Bantuan, Bupati Cianjur: Labelnya Terlalu Menonjol, Tidak Benar Itu!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover