Jokowi Dapat Surat dari FIFA: Alhamdulillah Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenakan Sanksi

Jokowi Dapat Surat dari FIFA: Alhamdulillah Sepak Bola Indonesia Tidak Dikenakan Sanksi Kredit Foto: Humas Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sepak bola Indonesia tak dikenakan sanksi oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) buntut dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). 

Jokowi mengungkapkan, hal tersebut disampaikan oleh FIFA melalui surat yang dikirimkan kepadanya sebagai tindak lanjut komunikasi yang dilakukan dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino pada Senin (3/10/2022).

“Berdasarkan surat tersebut, alhamdulillah sepak bola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” tutur Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Tak hanya itu, pemerintah juga bersama-sama dengan FIFA akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia. Selama proses pembentukan tim transformasi itu, FIFA bakal berkantor di Indonesia.

“FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut,” kata Jokowi.

Baca Juga: Iwan Bule Didesak Mundur dari Jabatan Ketum PSSI, Menpora Langsung Bilang Ini

Jokowi juga menyebutkan akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), serta pemerintah Indonesia.

Hal tersebut dilakukan agar membangun standar keamanan stadion di seluruh Indonesia; memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional; dan juga melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk memberikan saran dan masukan serta komitmen bersama.

Kolaborasi juga dilakukan untuk mengatur jadwal pertandingan yang akan memperhitungkan potensi-potensi risiko yang terjadi, serta akan menghadirkan pendampingan dari para ahli bidangnya. Jokowi pun mengatakan bahwa Presiden FIFA Gianni Infantino akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat, berdiskusi dengan pemerintah.

Baca Juga: Ketua Panpel Malang Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Bantah Jual Tiket Lebih dari Kapasitas Stadion

“Nanti, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,” ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Ngumpul Bareng Relawan di GBK, Murid Tertua Rizieq Ngomel-ngomel: Biayanya dari Mana Tuh? Mending Buat Korban Gempa Cianjur!

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover