Punya Tanggungjawab Besar Pasca Diusung Capres, Anies Diminta Akurkan Pendukung PA 212 dan Pendukung NasDem

Punya Tanggungjawab Besar Pasca Diusung Capres, Anies Diminta Akurkan Pendukung PA 212 dan Pendukung NasDem Kredit Foto: YouTube/NasDemTV

Pengamat Politik Adi Prayitno menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya tanggung jawab besar pasca Partai NasDem mendeklarasikannya sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Anies harus bisa menyatukan basis pendukungnya dengan basis pendukung NasDem.

Anies dinilai punya sedikit masalah karena ia diusung oleh partai yang sebelumnya menjadi lawan politiknya di Pilgub DKI 2017. Prayitno khawatir, perdebatan masih akan terus berlanjut diantara basis pendukung kedua belah pihak.

Baca Juga: Datang ke Balai Kota DKI, Hidayat Nur Wahid Ungkit Keberhasilan Anies Baswedan Tutup Alexis: Gak Perlu Khutbah atau Demo, Langsung...

Seperti kelompok 212 yang sebelumnya secara terang-terangan menolak pendeklarasian Anies oleh NasDem. Begitu juga sejumlah kader NasDem yang memilih mengundurkan diri pasca partainya mengusung Anies sebagai capres. 

"Disitu sebenarnya Anies harus bisa menyakinkan kepada pendukung NasDem, satu sisi bahwa Anies itu nasionalis, Anies tidak hanya dekat dengan kelompok islam kanan tertentu," kata Prayitno kepada wartawan, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Didapuk Jadi Pengganti Anies Baswedan, Heru Budi Hartono Siap Kerja Pakai Gaya Jokowi

Prayitno menyarankan, Anies bisa menjadi pihak penengah untuk mengakurkan kedua belah pihak. Lebih bagus jika Anies bisa memboyong pendukungnya untuk menjadi pendukung Partai NasDem.

"Minimal sebagai bentuk feedback terimakasih kembali, dimana basis Anies mereka selama ini tidak berpartai bisa hijrah dan imigrasi ke NasDem," katanya.

Baca Juga: Saran Buat Jokowi, Mendingan Pecat-pecatin Aja Deh Pak Kader-kader Surya Paloh di Kabinet, NasDem Memang Nggak Punya Etika Pak!

Prayitno menilai, konsolidasi diantara kedua belah pihak sangat dibutuhkan guna meningkatkan elektabilitas dirinya, maupun elektabilitas partai pengusungnya.

"Satu sisi untuk meningkatkan elektabilitas. Anies harus menyakinkan pemilihnya NasDem tempat yang layak untuk didukung," ungkapnya.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover