Resmi: Vaksin Indovac Rilis, Bandung Jadi Kota Pertama Yang Menerima Vaksin!

Resmi: Vaksin Indovac Rilis, Bandung Jadi Kota Pertama Yang Menerima Vaksin! Kredit Foto: Viva

Vaksin buatan Indonesia, Indovac resmi rilis. Presiden Jokowi meresmikan, meluncurkan, dan menyuntikan vaksin Indovac di PT Bio Farma Bandung. Ini artinya, Bandung menjadi kota pertama yang menerima vaksin ini. 

Yang harus diketahui, vaksin Indovac sudah teruji keamanannya dan memiliki sertifikat halal karena selama 1,5 tahun Bio Farma meneliti dan terus melakukan uji coba kelayakan vaksin Indovac. Selain itu, vaksin Indovac dikhususkan untuk masyarakat yang belum sama sekali melakukan vaksin. 

Pemerintah mengharapkan vaksin Indovac dapat mencapai 40 juta orang atau bahkan bisa mencapai 120 juta orang yang menerima dosis ini. Pemerintah akan terus berusaha mensosialisasikan vaksin Indovac kepada masyarakat. Karena diharapkan, Indonesia bisa mandiri dalam hal pemberian vaksin. 

Baca Juga: Bjorka Sebut Luhut Binsar Belum Vaksin Ketiga, Pengamat Penerbangan Bilang Begini

Baca Juga: Termasuk Luhut, Bjorka Beberkan Petinggi yang Belum Vaksin Booster, Alvin Lie: Bagaimana Mereka Bisa Bepergian Naik Pesawat?

Lebih lanjut, vaksin Indovac akan dijadikan vaksin booster oleh pemerintah jika telah lulus uji klinis emergency dari BPOM serta vaksin Indovac memiliki efisiensi sebesar 80 persen yang artinya vaksin ini sudah setara dengan vaksin yang lainnya. 

Vaksin Indovac akan diperuntukkan terlebih dahulu untuk dalam negeri. Jika nanti ada kesempatan, Indonesia baru akan berkontribusi memberikan vaksin Indovac kepada luar negeri yang tingkat vaksinasinya rendah seperti Nigeria, dan lain sebagainya. 

Sampai saat ini, vaksin Indovac belum ada kejelasan bisa diperuntukkan untuk anak usia3 - 11 tahun. Karena pihak Kemenkes masih berdiskusi dengan WHO. 

Baca Juga: Pengungsi Cianjur Copot Label Gereja, Pak Polisi: Tidak Intoleransi, Cuman Stikernya yang Dibuka, Tendanya Tetap Dipakai!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover