Rekam Jejak Toni Harmanto, Sosok Kapolda Jawa Timur Terbaru Pengganti Teddy Minahasa!

Rekam Jejak Toni Harmanto, Sosok Kapolda Jawa Timur Terbaru Pengganti Teddy Minahasa! Kredit Foto: Wikipedia

Nama Toni Harmanto menjadi sorotan publik usai dipilihnya sebagai Kapolda Jawa Timur yang baru pengganti Irjen Teddy Minahasa yang saat ini terkena kasus narkoba. Toni Harmanto dipilih langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Toni Harmanto memiliki rekam jejak yang bagus dalam bidang kepolisian. Bahkan Toni sangat berpengalaman dalam bidang reserse, tentu hal ini pula yang menjadi pertimbangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Sejak Jumat (14/10) Toni Harmanto resmi menyandang gelar Kepala Kepolisian Jawa Timur. Keputusan ini tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/2224/X/KEP/2022 yang ditandatangani AS SDM Polri, Irjen Pol Wahyu Widada dan surat keputusan Kapolri nomor KEP/1386/X/2022. 

Pria kelahiran Oktober 1965 ini merupakan lulusan akademi kepolisian (Akpol) pada tahun 1988. Setelah lulus, Toni Harmanto bergabung dengan Sabhara Polres Serang. Toni Harmanto mengabdi selama 8 tahun di Polres Serang. 

Setelah 8 tahun, Toni Harmanto melanjutkan langkahnya dengan menjabat sebagai Kapolres Tangerang selama 1 tahun, dari tahun 2006 - 2007. Di tahun 2008, Toni Harmanto mulai bertugas di Bareskim Polri, sejumlah posisi strategis pun pernah diembannya. Di Bareskim Polri, Toni Harmanto bertugas selama 6 tahun, dari tahun 2008 - 2013. 

Baca Juga: Kapolri Tunjuk Sosok Ini untuk Gantikan Irjen Teddy Minahasa Jadi Kapolda Jatim, Siapa Dia?

Baca Juga: Kapolda Jatim Ditangkap Karena Diduga Kasus Narkoba, Gus Umar Apresiasi Langkah Kapolri, Bilang Begini

Adapun beberapa posisi strategis di Bareskim Polri yang pernah dipegang oleh Toni Harmanto, ada Penyidik Utama Tk III Dit I/Kamtrannas Bareskrim Polri, Kanit I Dit II/Eksus Bareskrim Polri, Kasubdit I Dittipideksus Bareskrim Polri, Pamen Bareskrim Polri (Dlm Rangka Dik Sespimti 2011), Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, dan Wadirtipidum Bareskrim Polri. 

Kemudian, di tahun 2018 tepatnya bulan November, Toni Harmanto diminta untuk menjabat sebagai Wakapolda Jawa Timur. Lebih lanjut, di tahun 2019 Toni Harmanto dipercaya untuk menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat. 

Lalu di tahun 2022, belum sempat menyelesaikan tugasnya sebagai Kapolda Sumatera Barat, Toni Harmanto dipercaya untuk menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur menggantikan Irjen Teddy Minahasa yang tersandung kasus narkoba. 

Diketahui sebelumnya, Irjen Teddy Minahasa dipercaya oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Belum sempat melaksanakan pelantikan, Irjen Teddy Minahasa tertangkap kasus narkoba. Hingga kini, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait kasus ini. 

Baca Juga: Rizal Ramli Bayar Orang untuk Habisi Gibran, Benarkah?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover