Dear Mas AHY, Sadarlah Anda Sama Pak Aher Itu Cuma Jadi Beban Anies Baswedan

Dear Mas AHY, Sadarlah Anda Sama Pak Aher Itu Cuma Jadi Beban Anies Baswedan Kredit Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Pengamat politik Ujang Komarudin menilai eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sosok yang tepat diusung sebagai kandidat Capres 2024 apabila NasDem-Demokrat-PKS ingin berkoalisi.

Menurut Ujang, mantan Mendikbud RI itu punya elektabilitas kuat sehingga berpotensi menang dalam kontestasi Pilpres 2024.

Namun, kata Ujang, Anies sebaiknya digandengkan dengan sosok yang tepat demi meraih kemenangan. 

Baca Juga: Puluhan Kelurahan Terancam Banjir, Heru Budi Cs Cuma Ngulang Cara Anies Baswedan, Keruk Sungai dan Rawat Pompa Air, Gebrakannya Mana?

"Anies Baswedan capres kuat, tetapi kalau tidak didukung cawapres yang kuat, maka sulit bisa menang," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu melalui layanan pesan, Kamis (27/10).

Ujang memahami Demokrat berupaya mengusung ketum mereka Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan PKS mendukung eks Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sebagai kandidat cawapres pendamping Anies.

Namun, Ujang merasa ragu pasangan Anies-AHY mampu menang Pilpres 2024 apabila benar-benar diusung koalisi NasDem-Demokrat-PKS.

Toh, kata dia, AHY dalam beberapa survei belum dianggap sebagai tokoh yang memiliki elektabilitas kuat dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Persoalannya AHY elektabilitasnya hanya 2,2 persen. Sulit bisa menambah kemenangan buat Anies Baswedan," kata pria kelahiran Jawa Barat itu.

Ujang juga merasa sosok Anies akan sulit menang apabila disandingkan dengan Aher. Terlebih, kader PKS itu tidak memiliki elektabilitas di berbagai lembaga survei.

"Kalau Anies disandingkan dengan salah satu nama (AHY atau Aher, red), maka akan pincang. Berat Anies untuk bersaing dengan lawan politik atau capres yang lain," kata dia.

Ujang menyarankan NasDem-Demokrat-PKS bisa mencari sosok dari nonpartai untuk diusung sebagai kandidat cawapres pendamping Anies.

Baca Juga: Kalau Gagal di Pilpres 2024, Mas AHY Mendingan Banting Setir Jajal Dunia Fashion: Anda Itu Dandan Banget Kalau di Depan Publik!

Terlebih, hal itu menjadi usul yang disampaikan NasDem ketika hendak membangun koalisi bersama Demokrat-PKS.

"Tentu dengan kriteria dan syarat matang. Sebab, Anies biar mendapat figur yang bisa memenangkannya," kata Ujang.

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan JPNN.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover