Anak Buah Heru Budi Copas Cara Anies Tangani Banjir Jakarta, Pokoknya 6 Jam Sudah Surut!

Anak Buah Heru Budi Copas Cara Anies Tangani Banjir Jakarta, Pokoknya 6 Jam Sudah Surut! Kredit Foto: Asprilla Dwi Adha

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengaku belum mendapat instruksi secara spesifik dari Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono terkait tenggat waktu yang diberikan dalam menangani banjir atau genangan disaat musim hujan.

Hal ini berbeda saat era Gubernur Anies Baswedan yang meminta agar banjir atau genangan harus surut hanya dalam waktu 6 jam. Karena belum ada instruksi dari Heru Budi terkait hal itu, Isnawa mengatakan masih akan tetap menggunakan standar yang ada di zaman Anies.

Baca Juga: Puluhan Kelurahan Terancam Banjir, Heru Budi Cs Cuma Ngulang Cara Anies Baswedan, Keruk Sungai dan Rawat Pompa Air, Gebrakannya Mana?

"Belum sampai situ, tapi kalau kami kan dulu ada konsep siaga tanggap galang, kemudian 6 jam harus surut, dan tidak ada korban jiwa. jadi sementara kita tetep harus memakai standar itu dulu," kata Isnawa kepada wartawan di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2022).

Kendati begitu, Isnawa mengatakan bahwa pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin dalam menangani bencana yang ada, terutama banjir. Menurutnya, penanganan yang lebih cepat akan lebih baik, sehingga tidak harus berpaku pada standar 6 jam surut tersebut.

"Tapi saya yakin sih sebetulnya kan sifatnya universal ya. Kalau ditanya 6 jam, 3 jam udah surut itu lebih baik," ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan bahwa sejak 2018 pihaknya memberlakukan key performance indicator (KPI) kepada BPBD dalam penanganan banjir. KPI tersebut berisi ketentuan bahwa banjir mesti surut dalam waktu 6 jam.

Baca Juga: Dear Mas AHY, Sadarlah Anda Sama Pak Aher Itu Cuma Jadi Beban Anies Baswedan

"Karena kita mulai kerja itu pakai KPI. KPI Penanganan banjir enam jam dari hujan berhenti, bila ada genangan, surut. Bila kanan kiri sungai, sesudah sungai kembali ke titik permukaan yang normal, maka enam jam dipompa harus bisa surut, gitu kira-kira," kata Anies di Kota Tua, Jakarta, Senin (10/10/2022).

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover