Biografi Margaret Canovan: Pelopor Populisme Sejati

Biografi Margaret Canovan: Pelopor Populisme Sejati Kredit Foto: Amazon.com

Margaet Canovan merupakan seorang sejarawan sekaligus ahli pemikiran teori politik yang berasal dari Inggris. Canovan lahir di Carlisle pada tahun 1939 dan mulai belajar sejarah di Girton College, Cambride.

Baca Juga: Manuver Airlangga Menatap Pilpres 2024, Bakal Mengulang Sejarah Jokowi di 2014?

Karir Margaret Canovan

Canovan menyelesaikan gelar Doktor filsafat-nya di Joseph Priestley dan menjadi profesor di Departemen Politik di Universitas Lancaster pasca pendiriannya.

Margaret Canovan kemudian pindah ke Universitas Keele dan tinggal hingga masa pensiunnya pada 2002.

Canovan menerbitkan beberapa buku diantaranya: The Political Thought of Hannah Arendt, 1974; G.K. Chesterton: Radical Populist, 1977; Populism, 1981; Hannah Arendt: A Reinterpretation of Her Political Thought, 1992; Nationhood and Political Theory, 1996.

Baca Juga: Apa Itu Populisme?

Argumen Canovan Dalam The Political Thought of Hannah Arendt

Karya Canovan yang paling terkenal diantara publikasinya adalah Hannah Arendt, terutama pasca mengakses makalah Arendt yang tidak diterbitkan pada akhir 1980-an.

Kedua karyanya tentang The Political Thought of Hannah Arendt dan Hannah Arendt: A Reinterpretation of Her Political Thought ditujukan untuk dunia Anglophone yakni AS dan Inggris Raya.

Canovan sangat ideal untuk membawa Arendt ke khalayak akademis umum untuk tidak membidik pembaca yang sangat terspesialisasi dan hanya berakar dalam pemikiran Jerman.

Baca Juga: Jokowi Tunjuk Megawati Jadi Ketua BRIN, Akademisi: Itu Menempatkan Orang Nggak Pada Tempatnya

Dalam Bukunya berjudul Hannah Arendy: A Reinterpretation of Her Political Thought (1992) Margaret Canovan berpendapat bahwa banyak dari karya yang diterbitkan tentang Arendt telah cacat oleh kesalahpahaman yang serius, yang timbul dari kegagalan untuk melihat karyanya dalam konteks yang tepat.

Penulis menunjukkan bagaimana kesalahpahaman seperti itu mungkin terjadi, dan menawarkan interpretasi ulang mendasar, menggambar pada karya Arendt yang tidak diterbitkan serta diterbitkan, yang menyoroti sebagian besar bidang pemikirannya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini