Daftar Relawan Bakal Capres yang Sudah Deklarasikan Dukungannya

Daftar Relawan Bakal Capres yang Sudah Deklarasikan Dukungannya Kredit Foto: Istimewa

Jauh sebelum Pilpres 2024 digelar, kini sudah banyak sejumlah relawan dari para tokoh yang masuk ke bursa capres yang menyuarakan deklarasinya atas sosok yang didukungnya. Kira-kira, dari sekian tokoh yang digadang-gadang akan maju pada Pilpres mendatang, sudah ada lebih dari 10 relawan yang muncul untuk mendukung tokohnya masing-masing. Kali ini, mereka akan diulas satu persatu.

Ganjar Pranowo

Dapat dikatakan bahwa untuk saat ini, Gubernur Jawa Tengah inilah yang memiliki basis relawan paling besar. Sejauh ini, terdapat sejumlah nama-nama relawan yang sudah menyuarakan deklarasi mereka untuk mendukung Ganjar maju menjadi capres pada Pilpres mendatang. Sebut saja Sahabat Ganjar, Teman Ganjar (Tegar), Ganjarist, Sahabat Ganjar Pranowo (SGP), dan Seknas Ganjar Indonesia.

Pada September lalu, Sahabat Ganjar yang dikomandoi oleh Ketua Umum Sahabat Ganjar Lenny Handayani bahkan sempat mengumumkan bahwa deklarasi dukungan terhadap Ganjar sudah disuarakan di 17 negara berbeda. Adapun negara tersebut adalah Hong Kong, Macau, Jepang, Taiwan, Inggris, Singapura, Italia,  Belanda, Malaysia, Arab Saudi, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Austria, Spanyol, Uni Emirat Arab, dan Perancis. Deklarasi serentak tersebut dipimpin oleh Ketua Umum Sahabat Ganjar, Lenny Handayani di Jakarta pada Minggu (19/9/2021).

Kemudian dari pihak SGP, mereka juga baru-baru ini turut menyuarakan deklarasi mereka untuk mendukung Ganjar sebagai capres pada 2024. Tak tanggung-tanggung, mereka menyatakan deklarasi secara serentak di 34 provinsi dan 35 negara berbeda pada Kamis, (28/10/2021).

Tak hanya dari kalangan murni relawan Ganjar, eks-relawan Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019, yakni Jokowi Mania (JoMan) yang diketuai oleh Immanuel Ebenezer juga turut memberikan dukungan mereka terhadap Ganjar sebagai suksesor Jokowi pada 2024 kelak. Mereka pun kabarnya kini sudah berubah nama menjadi Ganjar Pranowo Mania.

Meski begitu, sempat ada beberapa kendala yang mengganggu dukungan terhadap Ganjar, yakni kabar soal konflik 'Banteng Vs Celeng' dalam tubuh internal PDIP yang menaungi Ganjar. Hal ini disebabkan oleh perseteruan antara para pendukung Ganjar baik dari pihak relawan maupun dari pendukung di dalam partai, dengan elit partai yang kabarnya cenderung berpihak kepada Puan Maharani.

Ganjar sendiri hingga kini masih menolak untuk berbicara terkait Pilpres 2024 dan masih belum terlihat niat untuk maju sebagai capres 2024 merespons tingkat elektabilitasnya yang selalu tinggi.

Baca Juga: Segera Deklarasi Dukung Ganjar di Pilpres 2024, Ferdinand: Saya Berdiri Bersama Orang yang Berani Melawan Radikalisme

Prabowo Subianto

Deklarasi terhadap Menteri Pertahanan (Menhan) tersebut sudah disuarakan oleh pihak DPD Fraksi Gerindra Jawa Barat yang dipimpin oleh Taufik Hidayat. Deklarasi yang dilakukan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah di Kota Bandung pada Jumat (22/10/2021) lalu tersebut diisi dengan pembacaan empat poin pernyataan sikap mereka terkait dukungan terhadap Prabowo.

Adapun keempat poin tersebut berbunyi:

Kami DPD Partai Gerindra Jawa Barat, dengan ini menyatakan sikap bersama:

1. Siap memenangkan Pemilihan Presiden, Pemilihan Legislatif, dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

2. Siap menjadikan Partai Gerindra sebagai pemenang pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024.

3. Atas nama kader Partai Gerindra se-Jawa Barat, kami mohon Bapak H Prabowo Subianto bersedia dicalonkan sebagai Calon Presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden tahun 2024.

4. Bahwa kami segenap kader Partai Gerindra Jawa Barat siap bahu-membahu untuk memenangkan Bapak H Prabowo Subianto sebagai Presiden RI masa bakti 2024-2029.

Adapun deklarasi tersebut juga dihadiri langsung oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sumfi Dasco Ahmad. Dasco menyebut akan menyampaikan hasil deklarasi tersebut secara langsung kepada Prabowo Subianto.

Sementara itu, tingkat elektabilitas Prabowo sendiri cenderung merupakan salah satu yang tertinggi dan seringkali masuk ke dalam tiga besar dalam survei. Prabowo juga belum mendeklarasikan diri untuk maju dalam kontestasi Pilpres mendatang, setelah sebelumnya ia dua kali menjadi runner up dalam dua periode Pilpres lalu.

Baca Juga: Prabowo Disebut Capres Favorit Milenial, Admin Twitter Gerindra 'Blusukan' dengan Netizen

Anies Baswedan

Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang semula hanya memiliki elektabilitas tinggi pada akhirnya sudah mulai memperoleh relawan pendukung untuk maju pada Pilpres. Mereka menyebut diri mereka sebagai Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera alias ANIES yang mendeklarasikan diri di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat pada Rabu (20/10/2021) lalu.

Adapun deklarator pada acara deklarasi tersebut terdiri dari Ketua ANIES La Ode Basir, juga ada anggota lainnya yang bernama Dani Kusuma, Agus Nugroho, Iqbal Siregar, Mustaqiem Dahlan, M Ambardi, Ajun Banda, Sukri Karjono, dan Muhammad Isnaeni.

Menurut La Ode sendiri, deklarasi tersebut sudah memperoleh persetujuan dari Anies Baswedan karena sebelumnya pihaknya telah menjalin komunikasi langsung dengan Anies. Namun La Ode mengaku bahwa Anies tidak menghadiri acara tersebut.

Sebelumnya, adapula relawan lainnya yang sudah dibentuk lebih dulu, yakni Relawan Bala Anies yang dipimpin oleh Sismono Laode. Relawan Bala Anies sendiri dibentuk pada 2020 dan diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat yang mendukung Anies menjadi Presiden pada 2024 nanti.

Adapula dukungan dari @relawananies yang mana bergerak memberikan dukungan terhadap Anies di media sosial seperti di Instagram dan di Twitter.

Adapun tingkat elektabilitas Anies sendiri sejak lama memang tinggi dalam setiap survei. Ia seringkali masuk ke dalam tiga besar dan bersaing dengan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Namun, Anies sendiri hingga kini belum memiliki parpol yang menaungi.

Namun, Anies sendiri masih belum mendeklarasikan dirinya secara pribadi untuk menuju Pilpres dan memilih untuk fokus terlebih dahulu mengurus DKI Jakarta di sisa masa jabatannya yang tinggal setahun lagi. Ia memasang sikap yang sama dengan Ganjar, di mana ia selalu mengelak setiap disinggung soal kesiapan untuk maju pada Pilpres mendatang.

Baca Juga: 4 Tahun Anies Baswedan, DKI Jakarta Membaik, Layak Kah Maju Pilpres 2024?

Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun kini sudah berhasil memperoleh pendukung untuk mengajukan dirinya menjadi capres pada 2024 nanti. Para relawan yang menyatakan dukungannya terhadap pria yang akrab disapa Emil tersebut adalah Ormas Rekonsiliasi Masyarakat (Rekat) Indonesia yang dipimpin oleh Ketua Umum Rekat Indonesia Eka Gumilar.

Rekat sendiri merupakan gabungan dari sejumlah kelompok masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan dan lapisan. Mereka memanfaatkan momentum peringatan Sumpah Pemuda yang ke-93 pada Kamis (28/10/2021) untuk mendeklarasikan Emil menjadi Capres pada 2024. 

Seperti yang diklaim oleh Eka, deklarasi tersebut dilaksanakan secara serentak di sejumlah provinsi di Indonesia seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan Bali serta daerah lainnya.

Selain itu, Emil juga memiliki dukungan dari akun @balademil yang bergerak di media sosial dengan sejumlah tagline seperti RKIndonesiaJuara, Menuju 2024 Indoesia Juara, #Indonesia Lahir Batin hingga Mendukung penuh RK untuk maju di capres 2024.

Adapun Ridwan Kamil sendiri kabarnya telah mengaku secara terbuka jika dirinya siap untuk mencalonkan diri sebagai capres pada kontestasi Pilpres 2024 nanti. Hal ini diucapkannya saat menghadiri acara workshop PAN di Bali pada Selasa (5/10/2021) lalu.

"Hati saya semakin mantap dan siap melangkah untuk ikut serta pemilihan calon presiden 2024 setelah mempertimbangkan semua, lalu istikharah dan saya sudah mendapat restu Ibu. Semoga Allah melancarkan semuanya," katanya.

Meski begitu, Emil sama halnya dengan Anies, yakni belum memiliki parpol yang menaungi. Meski begitu, Emil pernah menyebut bahwa dirinya terbuka untuk digaet oleh sejumlah parpol yang tertarik dengannya.

Baca Juga: Ramai Deklarasi Capres 2024, Anies - Ganjar Sudah, Ridwan Kamil Nyusul Bentar Lagi

Puan Maharani

Kolega Ganjar di PDIP, Puan juga sudah memiliki relawannya tersendiri, yakni Generasi Muda Pejuang Nusantara atau dikenal sebagai Gema Puan yang mendeklarasikan diri di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (10/10/2021) lalu. Deklarasi tersebut dikomandoi oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gema Puan Jawa Timur Nanang Sutrisno. Mereka berharap agar deklarasi ini dapat mencapai tujuan untuk membuat Ketua DPR RI tersebut semakin dikenal dan dipertimbangkan agar didukung oleh masyarakat luas.

Tak hanya dari Gema Puan, Puan Maharani juga memperoleh dukungan dari pihak Relawan Wong Kito yang berasal dari Sumatera Selatan. Satuan relawan yang dikepalai oleh Joni Iskandar SE, ME ini melakukan deklarasi dukungan pada Puan dan Pelantikan Relawan Wong Kito Puan Maharani for Presiden 2024 pada Rabu (20/10/2021) lalu di Novotel Palembang.

Adapun inisiasi pembentukan Wong Kito sendiri disebut Joni merupakan bentuk rasa terima kasih mereka terhadap mendiang ayah Puan, yakni HM Taufik Kiemas yang menurut Joni memiliki banyak sekali jasa bagi perkembangan pesat Provinsi Sumatera Selatan. Relawan Wong Kito pun sudah resmi dilantik di 17 kota di Sumatera Selatan, dan selanjutnya akan direncanakan untuk menggalang jaringan nasional dengan berkeliling Indonesia.

Sebelumnya pula, terdapat sejumlah isu yang beredar yang menyebutkan bahwa Puan didukung penuh oleh elit PDIP agar maju sebagai capres melawan Ganjar. Hal ini pula yang kabarnya menjadi penyebab terjadinya konflik internal 'Banteng Vs Celeng' dalam tubuh PDIP.

Baca Juga: Mendongkrak Elektabilitas Mbak Puan: Nggak Cuma Pasang Baliho Lagi

Airlangga Hartarto

Pimpinan Golkar yang kini menjabat sebagai Menko Perekonomian RI tersebut juga sudah mendapatkan dukungan langsung dari para kadernya untuk maju sebagai capres pada 2024 nanti. Baik Airlangga sendiri pun secara tersirat sudah menyerukan segenap kader Golkar agar memenangkan segalanya pada 2024 mendatang, termasuk Pilpres.

Sementara di luar Golkar, ada Relawan Barisan Airlangga Hartarto (BARA) yang telah mendeklarasikan dukungan terhadap Airlangga untuk maju capres 2024 sejak 31 Juli 2021 lalu.

Sandiaga Uno

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga kini sudah memperoleh relawan pendukung untuk maju sebagai capres, yakni berasal dari Relawan Pendukung Sandi (RKS). RKS sendiri sejauh ini sudah melakukan deklarasi dukungan di berbagai kota, seperti Pekanbaru, Ambon, dan Sorong.

Adapun saat Sandi tiba di Sorong beberapa waktu lalu, RKS Sorong pun menyambut meriah kedatangannya dan juga sempat berswafoto ria bersama mantan cawapres Prabowo pada 2019 lalu tersebut.

Adapun RKS sendiri merupakan satuan relawan yang anggotanya terdiri dari lintas profesi, lintas suku, lintas agama, dan lintas generasi yang bersatu serta berjuang untuk masa depan anak dan cucu.

Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut pun bahkan baru saja mendapatkan dukungan untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti. Adapun dukungan tersebut dideklarasikan oleh Relawan Sahabat Luhut for Presiden RI 2024 dari Medan, Sumatera Utara yang dipimpin oleh Toni Togarotop pada Kamis (28/10/2021).

Deklarasi tersebut disebut Toni bertujuan agar Luhut harapannya bersedia untuk berpartisipasi dalam ajang Pilpres nanti. Rencananya, Deklarasi ini akan diperluas ke wilayah lainnya dan sudah didiskusikan dengan warga di berbagai kedai kopi di Medan.

Gatot Nurmantyo

Meskipun Panglima TNI (Purn) Gatot Nurmantyo bukan termasuk sosok yang difavoritkan untuk maju sebagai capres pada 2024 mendatang, masih terdapat dukungan yang datang untuknya. Dukungan tersebut diberikan oleh puluhan orang di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Mereka menamakan diri mereka sebagai Relawan Barisan Gatot Sejati (BAGAS) dan telah melakukan deklarasi mendukung Gatot di Kantor DPW BAGAS Jawa Tengah di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal pada Sabtu (9/10/2021) lalu.

Acara bertajuk "BAGAS Deklarasikan Dukungan Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Capres 2024" tersebut pun dikomandoi oleh Ketua Umum BAGAS Aris Padewa. Adapun BAGAS kini sudah memiliki 10 kepengurusan di tingkat propinsi dan sudah bulat mendukung Gatot.

Muhaimin Iskandar

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab disapa Cak Imin tersebut bahkan sudah terang-terangan mendeklarasikan bahwa dirinya siap untuk berpartisipasi pada Pilpres 2024 mendatang. Adapun ia mengakui bahwa kesiapannya tersebut setelah memperoleh dukungan dari berbagai kalangan. Terbaru, desakan agar Cak Imin maju capres datang dari para pemuda Aceh yang tergabung dalam Garda Bangsa Aceh.

Budiman Sudjatmiko

Yang terbaru, muncul dukungan terhadap Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko dari relawan yang menamai diri mereka Aliansi BerSinar agar mantan Aktivis pada masa Rezim Orde Baru tersebut bersedia tampil dalam ajang Pilpres 2024 mendatang. Aliansi tersebut merupakan gabungan dari sejumlah elemen masyarakat dari berbagai profesi.

Adapun mereka baru saja melakukan deklarasi di Cibinong, Jawa Barat pada Kamis (28/10/2021), bertepatan dengan momentum Peringatan Sumpah Pemuda yang ke-93. Mereka juga telah membuka Sekretariat Nasional (Seknas) yang beralamat di Jalan Raya Mayor Oking Jayaatmadja Nomor 99A, Ciriung, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Seknas BerSinar sendiri mengusung tagline "Dari desa menata masa depan Indonesia. Anggota Presidium Seknas BerSinar pun kini telah tersebar di sejumlah provinsi dari Sumatera hingga Papua.

Uniknya, Budiman sendiri mengaku tak mengetahui eksistensi Aliansi BerSinar karena tidak pernah menghubunginya selama ini. Ia juga menyebut bahwa keputusan terkait penetapan capres seluruhnya berada pada Ketuanya di PDIP, yakni Megawati. Ia juga mempertanyakan dasar BerSinar mendukungnya, pasalnya namanya sama sekali tak pernah masuk ke dalam radar survei capres.

Ia juga mengaku kurang tertarik untuk nyapres karena membutuhkan biaya yang besar, sementara uangnya saat ini tengah dialokasikan untuk pembangunan Bukit Algoritma yang digagasnya sejak lama untuk Indonesia menghadapi era 4.0.

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini