Deklarasi Relawan IndonesiAnies Banyak Dihadiri Anak Sekolah Berseragam, KPAI Ingatkan Orang Tua: Lebih Baik...

Deklarasi Relawan IndonesiAnies Banyak Dihadiri Anak Sekolah Berseragam, KPAI Ingatkan Orang Tua: Lebih Baik... Kredit Foto: Istimewa

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti ikut menyoroti kegiatan deklarasi relawan Anies Baswedan, IndonesiAnies yang banyak dihadiri oleh anak-anak remaja yang masih menggunakan seragam sekolah.

Retno menyarankan agar anak-anak tidak dilibatkan dalam kegiatan politik praktis di lapangan secara langsung, terlebih dalam bentuk kegiatan yang sifatnya kerumunan. Meski tidak ada aturan yang melarang, tapi harus ada perhatian soal keamanan.

"Jadi memang kalau kerumunan itu lebih baik dihindari, walaupun tidak ada aturan tetap harus dihindari, karena ini anak, jadi untuk anak harus dilihat aman gak untuk anak," kata Retno saat dikonfirmasi Populis.id, Jumat (4/11/2022).

Baca Juga: Sebut Anies Menang Jika Umat Kristen Terbelah, Anak Buah Giring PSI Desak Ade Armando Ralat Omongannya

Ia menilai dalam kegiatan politik praktis sangat berpotensi terjadinya chaos atau kekacauan. Sehingga perlu adanya pendampingan dan pengawasan apabila seseorang anak ingin berkecimpung lebih jauh dalam kegiatan politik.

"Kan punya kecenderungan kalau kerumunan kita gak tahu akan terjadi apa-apa, nonton bola aja bisa terjadi, nonton konser aja bisa terjadi, apalagi politik," ujarnya.

Baca Juga: GNPR Bakal Geruduk Istana, Omongan Menantu Habib Rizieq Nggak Main-main: Kami Minta Jokowi Mundur!

Walaupun begitu, Retno menjelaskan bahwa sejatinya setiap anak punya hak politik yang dilindungi langsung oleh Undang-Undang. Sebagaimana hak-hak itu sudah mulai diimplementasikan dalam kegiatan politik yang lebih kecil di lingkungan sekolah.

"Anak itu tetap punya hak politik, jadi tetap boleh kalau memang mau berkecimpung. Politik yang paling kecil kan di OSIS, anak OSIS misalnya anak SMP atau SMA kan sudah milih ketua OSIS, jadi anak berpolitik itu boleh, haknya dia itu dilindungi undang-undang," jelasnya.

Baca Juga: Muncul Spanduk Bergambar Anies-Aher, Petinggi Nasdem Sebut Cek Ombak Suara Rakyat...

Terkait dengan acara deklarasi relawan Anies yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/11/2022). Retno menilai perlu adanya peran orang tua memberikan izin terhadap anak-anak untuk mengikuti kegiatan politik yang dianggap beresiko.

"Ya kalau anak umur 15 ngapain juga, toh nanti juga dia gak milih. Tapi kalau misalnya kita ngomongin usia sekarang 15, nanti 2024 kan dia udah 17 juga, jadi kalau melihat ini ya orang tuanya aja, orang tuanya gimana, mengizinkan gak, pakai pendampingan gak," jelasnya.

Baca Juga: Putri Candrawathi Minta Maaf Sambil baca Teks, Ibunda Brigadir J: Si Putri ini Dasar Perempuan Pembohong!

Sebelumnya, Calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan menghadiri secara langsung acara deklarasi sekaligus peresmian kelompok relawan IndonesiAnies, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2022).

Berdasarkan pantauan Populis.id, acara tersebut banyak dihadiri oleh anak-anak remaja bahkan ada yang masih mengenakan seragam sekolah. Banyak diantaranya masih menggunakan celana dari seragam pramuka.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover