Kamaruddin Ngaku Dapat Informasi dari Intelijen Soal Pembunuhan Brigadir J, BIN Buka Suara, Enggak Nyangka Ternyata..

Kamaruddin Ngaku Dapat Informasi dari Intelijen Soal Pembunuhan Brigadir J, BIN Buka Suara, Enggak Nyangka Ternyata.. Kredit Foto: Taufik Idharudin

Badan Intelijen Negara (BIN) buka suara soal pernyataan kuasa hukum keluarga Brigadir J. Kamaruddin Simanjuntak soal asal-muasal informasi yang diperolehnya.

Seperti yang diketahui, Kamaruddin kerap menyebut kalau dirinya mendapat data soal kasus pembunuhan Brigadir J yang diotaki oleh Ferdy Sambo dari intelijen.

Baca Juga: Update Terbaru! Polisi Autopsi Korban Tragedi Kanjuruhan, Sang Ayah: Anak Saya Itu Diracun..

Saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo Cs, Kamaruddin bahkan menyebut informasi yang didapatkannya berasal dari BIN, Polri, hingga TNI.

Juru bicara BIN, Wawan H. Purwanto, menepis bahwa lembaga pemerintah tersebut memberikan informasi soal kasus pembunuan Brigadir J kepada Kamaruddin.

Wawan menegaskan kalau BIN hanya memberikan informasi kepada single client, yaitu Presiden Republik Indonesia, sehingga tidak benar BIN memberikan informasi kepada Kamaruddin.

“Tidak benar adanya berita yang menyatakan bahwa BIN memberikan info kepada Kamaruddin sebagaimana dilansir di persidangan oleh pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak,” ucapnya dikutip Populis.id dari ANTARA pada Sabtu (5/11/2022).

BIN merupakan badan intelijen negara yang didirikan bukan untuk kepentingan lain selain negara. Oleh karena itu, Wawan menekankan BIN sama sekali tidak ikut campur dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

Baca Juga: Kamaruddin Yakin Brigadir J Punya Masalah dengan 'Skuad Lama', Singgung soal Ajudan Kesayangan Sambo

Ia mengatakan, “BIN tidak intervensi dalam masalah yudikatif. Apa yang terjadi di persidangan adalah mutlak wilayah yudikatif.”

“Itu menjadi kewenangan hakim untuk memutus, jaksa untuk menuntut, dan pengacara untuk membela kliennya. BIN sama sekali tidak ikut campur,” jelas Wawan menandaskan.

Wawan sendiri menyatakan belum mengetahui apakah BIN akan mengambil langkah hukum atas keterangan yang disampaikan Kamaruddin saat menjadi saksi di persidangan pembunuhan Brigadir J.

“Kita lihat saja nanti. Tidak benar berita tersebut,” pungkasnya.

Terkait

Terkini

Populis Discover