Benarkah Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Presiden Soeharto?

Benarkah Jokowi Berikan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Presiden Soeharto? Kredit Foto: Istimewa

Narasi mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial. Narasi tersebut dibagikan pengguna akun Facebook pada 4 November 2022. 

Narasi itu mengatakan, Jokowi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden RI ke-2 Jenderal TNI HM Soeharto. Unggahan tersebut juga membagikan tautan artikel dari nkripost.com berjudul "Presiden Jokowi Tetapkan 5 Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar Namanya". 

Baca Juga: Jokowi Kode-kode Sinyal Dukung Prabowo Jadi Capres, Golkar: Kan Presiden Selalu Bilang...

Berikut narasi dalam unggahan terkait. 

"Terimakasih Kepada Presiden RI Joko Widodo, Atas Nama Bangsa Dan Negara Memberikan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Kepeda Alm Jenderal TNI Soeharto Presiden RI Ke - 2.

Semoga Pak Soeharto Ditempatkan Disisi Yg Mulia Oleh Tuhan Yg Maha Kuasa Atas Jasa2 nya Kepada Bangsa Dan Negara." 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Jokowi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden RI ke-2 Soeharto. 

Melansir artikel nkripost.com yang dibagikan, bukan Presiden Soeharto melainkan dr. Soeharto yang menerima gelar Pahlawan Nasional dari Jokowi. 

Baca Juga: Jokowi Ngomong Lantang Sebut Pilpres 2024 Jatah Prabowo: Diartikan Sinyal Ya Boleh tapi...

Mengutip dari detiknewsdr. Soeharto merupakan dokter pribadi Presiden RI pertama Ir. Soekarno sejak sebelum kemerdekaan. Nama lengkapnya adalah Soeharto Sastrosoeyoso, lahir pada 24 Desember 1908 di Tegalgondo, Solo, Jawa Tengah. Beliau pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno. 

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi Jokowi memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Presiden Soeharto adalah tidak benar. Faktanya, bukan Presiden Soeharto melainkan dr. Soeharto dokter pribadi Soekarno. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover