Biografi Napoleon Bonaparte: Pemimpin Prancis yang Menaklukkan Eropa

Biografi Napoleon Bonaparte: Pemimpin Prancis yang Menaklukkan Eropa Kredit Foto: Wikimedia Commons

Napoleon Bonaparte (1769-1821) atau dikenal sebagai Napoleon I, asli Italia, dengan nama Korsika atau Kopral Kecil atau nama Prancis Le Corse atau Le Petit Caporal.

Napoleon adalah seorang pemimpin militer dan kaisar Prancis yang menaklukkan sebagian besar Eropa pada awal abad ke-19.

Baca Juga: Sekarang Militer RI Terkuat se-Asia Tenggara, Pak Prabowo... Jadi Ingat Pilpres, Terima Kasih Jenderal

Banyak reformasi Napoleon meninggalkan bekas abadi pada institusi Prancis dan sebagian besar Eropa barat. Namun, semangat pendorongnya adalah ekspansi militer dari kekuasaan Prancis.

Pendidikan dan Karier Militer Napoleon

Napoleon Bonaparte lahir pada 15 Agustus 1769, di Ajaccio, di pulau Mediterania Corsica. Dia adalah anak kedua dari delapan bersaudara yang lahir dari Carlo Buonaparte (1746-1785), seorang pengacara, dan Letizia Romalino Buonaparte (1750-1836).

Napoleon bersekolah di daratan Prancis, di mana dia belajar bahasa Prancis, dan melanjutkan untuk lulus dari akademi militer Prancis pada tahun 1785.

Napoleon dididik di tiga sekolah: sebentar di Autun, selama lima tahun di perguruan tinggi militer Brienne, dan akhirnya selama satu tahun di akademi militer di Paris.

Pada bulan September ia lulus dari akademi militer dan mendapat peringkat ke-42 di kelas.

Dia kemudian menjadi letnan dua di resimen artileri tentara Prancis, La Fère, merupakan sekolah pelatihan untuk perwira artileri muda.

Dia kembali ke Corsica pada bulan September 1786 dan tidak bergabung kembali dengan resimennya sampai Juni 1788.

Revolusi Prancis dimulai pada 1789 dan dalam tiga tahun kaum revolusioner telah menggulingkan monarki dan memproklamirkan republik Prancis.

Selama tahun-tahun awal revolusi, Napoleon cuti dari militer dan pindah ke rumahnya di Corsica. Selama di kampung halamannya, Napoleon berafiliasi dengan Jacobin, sebuah kelompok politik pro-demokrasi.

Pada tahun 1793, setelah bentrokan dengan gubernur nasionalis Korsika, Pasquale Paoli (1725-1807) keluarga Bonaparte meninggalkan pulau asal mereka ke daratan Prancis dan Napoleon kembali ke tugas militer dan ditugaskan di Valence.

Di Prancis, Napoleon dikaitkan dengan Augustin Robespierre (1763-1794), saudara dari pemimpin revolusioner Maximilien Robespierre (1758-1794), seorang Jacobin yang merupakan kekuatan kunci di balik Pemerintahan Teror (1793-1794). Yakni, masa-masa melawan musuh-musuh revolusi. Selama waktu ini, Napoleon dipromosikan ke pangkat brigadir jenderal di ketentaraan.

Namun, setelah Robespierre jatuh dari kekuasaan dan dipenggal bersama dengan Augustin pada Juli 1794, Napoleon secara singkat dimasukkan ke dalam tahanan rumah karena hubungannya dengan Robespierre dianggap sebagai anak didik.

Bonaparte ditangkap atas tuduhan konspirasi dan pengkhianatan dan dibebaskan pada bulan September. Tetapi, ia tidak dikembalikan ke komandonya.

Kebangkitan Napoleon ke Kekuasaan

Pada 1795, Napoleon membantu menekan pemberontakan royalis melawan pemerintah revolusioner di Paris dan dipromosikan menjadi mayor jenderal.

Pada tahun 1796, Napoleon memimpin pasukan Prancis yang mengalahkan pasukan besar Austria, salah satu saingan utama negaranya, dalam serangkaian pertempuran di Italia.

Pada 1797, Prancis dan Austria menandatangani Perjanjian Campo Formio, yang menghasilkan keuntungan teritorial bagi Prancis.

Pasukan Napoleon mencetak kemenangan melawan penguasa militer Mesir, Mamluk, pada Pertempuran Piramida pada Juli 1798.

Namun, pasukannya terdampar setelah armada angkatan lautnya hampir dihancurkan oleh Inggris pada Pertempuran Sungai Nil pada Agustus 1798.

Pada awal 1799, pasukan Napoleon melancarkan invasi ke Suriah yang dikuasai Kekaisaran Ottoman, yang berakhir dengan kegagalan pengepungan.

Baca Juga: Biografi Che Guevara: Sang Ahli Taktik Perang Gerilya dalam Revolusi Kuba

Napoleon yang selalu ambisius dan licik memilih untuk meninggalkan pasukannya di Mesir dan kembali ke Prancis.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini