Sebut Anies Jadi Gangguan oleh Jokowi, Refly Harun: Skenario Awalnya, Buat Prabowo Bertarung dengan Ganjar

Sebut Anies Jadi Gangguan oleh Jokowi, Refly Harun: Skenario Awalnya, Buat Prabowo Bertarung dengan Ganjar Kredit Foto: Instagram/Refly Harun

Ahli Tata Negara Refly Harun menilai Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 tampaknya dianggap gangguan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Refly menyinggung manuver politik Jokowi dalam beberapa waktu belakangan ini. Khususnya, yang sangat disorot, yaitu mengenai Jokowi dua kali menunjukkan dukungan untuk Prabowo Subianto.

Menurutnya, Jokowi sebenarnya tengah mengupayakan untuk membuat Prabowo dan Ganjar bertarung dalam Pilpres 2024.

“Skenario awalnya kalau bisa Ganjar hanya berhadapan dengan Prabowo, itu akan sangat menyenangkan bagi kekuasaan Istana pastinya,” ujar Refly dalam kanal Youtubenya, Jumat (11/11/2022).

“Persoalannya ada pengganggu yang namanya Anies Baswedan,” ujar Refly.

Ia menilai bahwa Jokowi tengah bermain aman dan menunjukkan dukungannya kepada dua calon jagoannya.

Baca Juga: Heboh! Habib Rizieq Bongkar Kejanggalan KM 50 Bukan Baku Tembak, Refly Harun: Saya Kira Wajar Kalau…

Padahal, kata Refly, Jokowi tak perlu repot memberatkan dukungannya kepada salah satu pihak, karena kedua nama jagoannya itu dinilai akan sama-sama menguntungkan dirinya.

“Karena ada dua orang yang sama-sama bisa diandalkan, maka saya memperkirakan Jokowi akan meng-endorse keduanya,” ucapnya.

“Membiarkan kedua-duanya berkompetisi secara baik dan siapapun yang menang maka dia akan jadi bagian dari kemenangan tersebut,” lanjutnya.

Baca Juga: Nasdem-Demokrat-PKS Batal Deklarasi Pilpres, Hasto PDIP Singgung Demi Dapat Efek Ekor Jas

Namun, rencana ini hancur usai Anies menunjukkan kesiapan dirinya menjadi calon presiden yang bahkan telah dideklarasikan oleh Partai Nasdem.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover