Pikiran Anies Baswedan Sedang Amburadul, Potensi Gagal Nyapres Terbuka Lebar!

Pikiran Anies Baswedan Sedang Amburadul, Potensi Gagal Nyapres Terbuka Lebar! Kredit Foto: Instagram/@aniesbaswedan

Pengamat Politik dari Citra Institute, Efriza menilai Calon Presiden usungan Partai NasDem Anies Baswedan sedang cemas. Hal ini kemudian membuat Anies enggan berkomentar soal rencana majunya eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sebagai Gubernur di Pilkada 2024.

Efriza menilai, Anies sedang khawatir karena sejumlah partai calon pengusungnya batal mendeklarasikan koalisi. Sehingga jalan Anies untuk menuju pencapresan masih sangat terbuka untuk gagal.

Baca Juga: Kuat Ma'ruf dan Susi Kompak Ngaku Nggak Tahu Pelecehan di Magelang, Keluarga Brigadir Nyeletuk: Putri Lagi Halu!

"Anies diperkirakan perasaannya lagi tak nyaman. Koalisi mengusung dirinya sebagai capres batal. Potensi ia gagal nyapres masih terbuka," kata Efriza saat dikonfirmasi Populis.id, Jumat (11/11/2022).

Selain itu, perasaan dilema Anies juga dimungkinkan terjadi karena Ariza adalah Koordinator Sekber Relawan Prabowo Subianto. Sehingga sangat dimungkinkan hubungan keduanya terjadi kerenggangan.

"Menunjukkan hubungan Anies dan Ariza telah berseberangan, mereka mesti bertarung memengaruhi pemilih di Pilpres mendatang," ujarnya.

Efriza menilai, Ariza juga potensial menggarap pemilih di Jakarta berdasarkan rekam jejak berhasilnya Gerindra memenangkan Pilkada DKI Jakarta. Hal ini kemudian yang memberatkan Anies jika Ariza maju sebagai Gubernur.

"Ini semakin memberatkan Anies untuk meraih dukungan besar pemilih di DKI Jakarta. Sebab, memungkinkan Ariza meraih dukungan pemilih dengan maksimal, untuk unjuk kekuatan Gerindra di DKI Jakarta," jelasnya.

Sebelumnya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza menjadi figur pilihan Partai Gerindra yang akan diusung sebagai Calon Gubernur DKI pada Pilkada serentak 2024 mendatang. Ariza disebut sudah mengantongi tiket dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Terkait hal itu, eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan menanggapi ketika ditanya soal kabar tersebut. Anies sama sekali tak mengeluarkan sepatah kata saat mendapat pertanyaan soal tanggapannya tentang Ariza yang bakal maju sebagai cagub DKI.

Padahal, Anies sedang dalam posisi menjawab pertanyaan dari berbagai awak media. Namun, ketika ditanya hal tersebut Anies hanya diam dan melanjutkan jalannya yang tengah melihat-lihat produk UMKM.

Pertanyaan itu disampaikan saat Anies selesai menghadiri kegiatan Bimbingan dan Teknis Fraksi NasDem DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022).

Seperti diketahui, Ariza merupakan sosok yang dekat dengan Anies karena posisi keduanya saling melengkapi selama menjabat di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Ariza menemani Anies di DKI sejak tahun 2020 hingga berakhirnya masa jabatan pada tahun 2022.

Baca Juga: Bela Richard Eliezer yang Tak Mau Tolak Perintah Sambo, Eks Kabais TNI: Tingkat Bharada Itu Paling Bawah, Dia Nggak Boleh Berpikir!

Meski begitu, Anies dan Ariza punya sikap dan pandangan politik yang berbeda dalam menghadapi Pilpres 2024. Saat ini, Anies sudah resmi menjadi calon presiden usungan Partai NasDem. Sementara Ariza, menaruh dukungannya untuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang juga siap maju sebagai capres di Pilpres 2024.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover