Fix KTT G20 Gagal! Rocky Gerung: Tak Spesial, Hanya Sekadar Angkat Citra Jokowi

Fix KTT G20 Gagal! Rocky Gerung: Tak Spesial, Hanya Sekadar Angkat Citra Jokowi Kredit Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pengamat Politik Rocky Gerung mengkritik keras pelaksanaan KTT G20 di Bali yang menurutnya tidak memiliki sesuatu yang spesial.

Dia menyebut, sebenarnya KTT G20 hal yang biasa saja, tak begitu spesial. "KTT G20 itu peristiwa yang biasa sekali. Publik pasti kaget kalau di Argentina KTT G20 itu berlangsung di lapangan terbuka pakai tenda," kata Rocky Gerung dilansir dari kanal Youtubenya, Senin (14/11/2022).

Menurut dia, pelaksanaan KTT G20 di Bali yang dihadiri oleh 17 Kepala Negara itu hanya untuk mengangkat citra Presiden Joko Widodo (Jokowi) semata.

Baca Juga: Jokowi Harus Batalkan Proyek IKN! Rocky Gerung Beberkan Alasannya

"G20 itu tradisi biasa saja, tapi bagi Indonesia ini upaya untuk menaikan profil Pak Jokowi," ujarnya.

Lebih lanjut, peneliti PerhimpunanĀ Pendidikan Demokrasi (P2D) ini menyinggung protokol pengamanan KTT G20 yang dianggapnya terlalu berlebihan.

"Pengamanan yang berlebihan itu hanya sebatas menaikkan citra serta popularitas Jokowi," imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden AS Joe Biden di Sela-sela KTT G20 Bali

Padahal, kata Rocky, KTT G20 yang awalnya digembar-gemborkan akan menjadi forum perdamaian Rusia-Ukraina ini tidak akan menghasilkan apapun.

"Dua negara bertikai yakni Rusia dan Ukraina pemimpinnya tidak datang. Padahal tujuan awal G20 untuk meredakan konflik di Eropa agar ada gencatan senjata yang dihasilkan dalam pertemuan kali ini," tuturnya.

"G20 di Bali itu sudah gagal. Jadi cuma sodor menyodorkan proposal," tegas Rocky.

Baca Juga: Putin dan Zelensky Batal Hadir KTT G20, Jokowi Gagal Raih Nobel Perdamaian

Rocky menegaskan bahwa KTT G20 sebetulnya hanya sebuah konferensi biasa yang tuan rumahnya digilir berdasarkan abjad.

Menurutnya, seharusnya tuan rumah G20 tahun ini bukan Indonesia, tetapi India. Namun, Indonesia melobi supaya bisa menjadi tuan rumah tahun ini, sebab tahun 2023 Indonesia akan jadi tuan rumah KTT ASEAN.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover