Di Hadapan Kepala Negara G20, Jokowi Bangga dengan Keragaman Indonesia: Kami Memiliki 17 Ribu Pulau & 1.300 Suku Bangsa

Di Hadapan Kepala Negara G20, Jokowi Bangga dengan Keragaman Indonesia: Kami Memiliki 17 Ribu Pulau & 1.300 Suku Bangsa Kredit Foto: MEDIA CENTER G20 INDONESIA/Prasetyo Utomo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka KTT G20 di Bali, Selasa (15/11/2022). Dalam sambutannya, Jokowi membanggakan keberagaman Indonesia di hadapan para kepala negara anggota G20.

Dengan bangganya, ia menyebut bahwa anggota G20 harus mencontoh Indonesia yang mampu mengelola perbedaan.

"Yang mulia, Indonesia memiliki 17 ribu pulau, 1.300 suku bangsa, serta lebih dari 700 bahasa daerah. Demokrasi di Indonesia berjalan dari tataran tingkat desa, pemilihan kepala desa sampai tataran negara, pemilihan presiden, gubernur, bupat/wali kota," ujar Jokowi.

Baca Juga: Resmi Buka KTT G20, Presiden Jokowi: Kita Harus Akhiri Perang!

Jokowi juga meminta negara G20 dapat mengedepankan semangat dialog untuk menyelesaikan masalah, bukan dengan peperangan.

"Sebagai negara demokrasi, Indonesia sangat menyadari pentingnya dialog untuk mempertemukan perbedaan dan semangat yang sama harus ditunjukkan G20," imbuhnya.

Sebelumnya, Jokowi dengan tegas mengajak para kepala negara anggota G20 untuk mengakhiri perang.

Baca Juga: Fix KTT G20 Gagal! Rocky Gerung: Tak Spesial, Hanya Sekadar Angkat Citra Jokowi

Diketahui, sedari awal, KTT G20 ini digadang-gadang menjadi forum misi perdamaian Jokowi untuk mengakhiri perang Rusia-Ukraina.

"Menjadi tanggung jawab berarti menciptakan situasi yang tidak zero-sum, bertanggung jawab di sini juga berarti kita harus mengakhiri perang. Jika perang tidak berakhir, akan sulit bagi dunia untuk bergerak maju," ucap Jokowi.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover