Benarkah Jokowi Tunjuk Jenderal Dudung untuk Gantikan Jenderal Andika?

Benarkah Jokowi Tunjuk Jenderal Dudung untuk Gantikan Jenderal Andika? Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Video mencatut Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 13 November 2022. 

Video itu disertai sampul dan judul yang menarasikan, Jokowi putuskan menunjuk Jenderal Dudung Abdurachman untuk menggantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

Baca Juga: Yakin Pak Jokowi Mau Ngelawan Anies Baswedan? Siap-Siap Aja Pak! Kekuatan Surya Paloh Bikin Deg-degan...

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"KEPUTUSAN FINAL JOKOWI TUNJUK TNI DUDUNG GANTIKAN JENDRAL ANDIKA

Berita Terkini ~ Jokowi Tunjuk TNI Dudung Gantikan JENDRAL Andika Perkasa" 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Jokowi tunjuk Jenderal Dudung untuk menggantikan Jenderal Andika. 

Salah satu narasi dalam video tersebut berasal dari artikel sripoku.com dengan judul "3 Nama Pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Analisa Pengamat Militer Beber Sosok Terkuat", tayang pada 11 November 2022. 

Baca Juga: Pasang Kuping Baik-Baik Ya! Kalau Hubungan Jokowi dan Surya Paloh Renggang, Nggak Mungkin Ada NasDem di Kabinet! Dengerin Tuh...

Dalam artikel itu disebutkan bahwa Jenderal Dudung menjadi salah satu kandidat dari Angkatan Darat yang akan menjabat sebagai Panglima TNI usai Jenderal Andika purna tugas. 

Dengan demikian, video dengan narasi Jokowi tunjuk Jenderal Dudung gantikan Jenderal Andika adalah tidak benar. Faktnya, Jenderal Andika baru akan pensiun pada Desember 2022 mendatang dan Jokowi belum menentukan pilihan pengganti Andika. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover