KTT G20 Resmi Ditutup, Jokowi Serahkan Palu Sidang ke PM India sebagai Presidensi G20 Tahun Depan!

KTT G20 Resmi Ditutup, Jokowi Serahkan Palu Sidang ke PM India sebagai Presidensi G20 Tahun Depan! Kredit Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada Rabu (16/11/2022). KTT G20 ini pun berhasil menghasilkan deklarasi bersama.

Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022,” kata Jokowi dalam sambutannya saat menutup KTT G20.

Ia pun menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin G20 dan para tamu undangan lainnya yang telah hadir dan memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan.

Baca Juga: Jokowi Serukan Hentikan Perang di KTT G20, Eh Putin Langsung Luncurkan Rudal ke Polandia!

“Saya juga ingin menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh working groups dan engagement groups atas dedikasi sumbangan pemikiran dan kontribusinya bagi presidensi G20 Indonesia,” lanjut dia.

Selain deklarasi, Presidensi Indonesia di G20 ini juga menghasilkan Concrete Deliverables. Concrete Deliverables ini berisi daftar proyek kerja sama negara anggota G20 dan juga para tamu undangan.

Jokowi mengatakan, proyek kerja sama tersebut yang akan membantu membumikan kerja G20 lebih dekat dengan rakyat dan juga memastikan G20 bermanfaat baik bagi anggotanya maupun bagi dunia, dan khususnya negara-negara berkembang.

Baca Juga: Jokowi Didampingi Duo Srikandi Hebat di KTT G20, Saiful Mujani: Ini Langka di Negara Muslim

Jokowi menyampaikan, Presidensi G20 Indonesia dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi. Berbagai tantangan baru pun muncul yang tidak hanya menghambat pemulihan, namun juga mengancam dunia terjerumus ke krisis yang lebih dalam.

“Sebagai presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan,” kata dia.

Baca Juga: Menlu Rusia Langsung Cabut dari KTT G20 Usai Rudal Rusia Hantam Polandia

Selanjutnya, secara simbolis Jokowi menyerahkan palu sidang kepada Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi yang akan menjadi tuan rumah KTT G20 tahun 2023.

"Saya yakin di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Modi, G20 akan terus bergerak. Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari Troika, tahun depan Indonesia siap mendukung kesuksesan Presidensi G20 India. Saya juga meminta kepada semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan," pungkas Jokowi.

Lihat Sumber Artikel di Republika Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Republika.

Terkait

Terkini

Populis Discover