Pengamat Politik: Anies Baswedan Lebih Cocok Duet dengan AHY Ketimbang Aher

Pengamat Politik: Anies Baswedan Lebih Cocok Duet dengan AHY Ketimbang Aher Kredit Foto: Istimewa

Pengamat Politik Saidiman Ahmad mengungkap bahwa Anies Baswedan lebih cocok jika berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ketimbang dengan Ahmad Heryawan (Aher).

Menurut dia, AHY akan membantu Anies menambah suara pada Pilpres 2024. Sebab, kedua tokoh tersebut berasal dari latar belakang dan memiliki basis pendukung berbeda.

“Kalau lihat dari aspek demografi ya, aspek sosiologislah secara umum, saya kira AHY cukup bisa saling menutupi. Anies ini bagaimanapun, walaupun dia seorang yang nasional, pluralis ya, tetapi kan ada persepsi bahwa sebetulnya Anies lebih dekat ke Islam yang agak kanan," ujar Saidiman dikutip dari YouTube Zulfan Lindan, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Berikut Ini Tokoh Publik yang Ditemui Anies Baswedan Setelah Masa Jabatan Sebagai Gubernur DKI Jakarta Berakhir, Simak!

Sementara itu, dia menjelaskan, Anies dan Aher memiliki basis pendukung yang sama dari kalangan Islam kanan. Sehingga jika dipasangkan tak akan mendulang suara lebih kuat.

"Kalau misalnya mengambil wakil PKS sebagai cawapres, itu sebenarnya tidak menambah apa-apa,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya, AHY merupakan tokoh yang populer berdasarkan temuan lembaga survei.

Baca Juga: Mas AHY Tetiba Ngegas Kencang Banget Soal Tragedi Kanjuruhan: Memalukan!

Apalagi, kata dia, AHY identik dengan kelompok nasionalis dan militer. Yang dapat menambah suara bagi Anies Baswedan.

“Jadi cukup melengkapi. Dan kita menemukan di dalam survei bahwa pasangan ini cukup kompetitif. Anies dengan AHY,” ucap peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) ini.

Untuk diketahui, hingga kini Anies Baswedan belum menentukan sosok Cawapres pendampingnya.

Padahal, partai calon Koalisi Perubahan telah mengusulkan sejumlah nama. Di antaranya, Demokrat mengajukan nama Ketua Umumnya, AHY. Sementara PKS mengusulkan nama mantan Gubernur Jawa Barat, Aher.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover