Wacana Duet Anies Baswedan-Puan Maharani Mengemuka, PKS Langsung Ngasih Syarat: Pertama, Orangnya Harus Religius!

Wacana Duet Anies Baswedan-Puan Maharani Mengemuka, PKS Langsung Ngasih Syarat: Pertama, Orangnya Harus Religius! Kredit Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) angkat bicara menanggapi wacana duet Anies Baswedan - Puan Maharani.

Wacana ini mengemuka setelah dilempar oleh pakar hukum tata negara Refly Harun, dimana dia juga sempat menanyakan sikap PKS, memilih bertahan mendukung Anies Baswedan atau mencari calon lain jika duet ini benar terjadi.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan, untuk menentukan sikap partainya apabila duet Anies - Puan terjadi maka perlu ada pembicaraan di internal partai, hal ini kata dia jelas tak bisa diputuskan buru-buru. 

Baca Juga: Bharada Eliezer Angkat Bicara, Beber Alasan Keluar dari Skenario Jahat Ferdy Sambo, Ternyata Oh… Ternyata

“Masalah dukungan ini kita nggak pribadi, kembali saya kalau memang ada potensi seperti itu ya akan sampaikan ke Majelis Syuro bagaimana pertimbangan menentukan kemana kita akan berkoalisi, kemana kita akan memilih capres-cawapresnya,”  kata Syaikhu kepada wartawan dikutip Populis.id Jumat (18/11/2022). 

Lebih lanjut, Syaikhu mengatakan jika partainya memilih bertahan mendukung Anies Baswedan dengan pasangan calon wakil presiden dari luar PKS maka, maka mereka bakal memberikan sejumlah syarat dan kriteria yang wajib dipenuhi. Yang jelas kata dia, kriteria pertama adalah sosok yang religius. 

“Jadi ini mekanisme yang diberlakukan di PKS, jadi seluruh masukan-masukan terkait dengan capres-cawapres akan dibahas di sana. PKS akan menetapkan pilihan pada calon pemimpin nasional baik capres-cawapres dengan tiga kriteria. Pertama memiliki karakter nasionalis religius,” ujarnya. 

Syarat kedua lanjut Syaikhu adalah sosok yang merepresentasikan perubahan, dimana cawapres tersebut diharapkan dapat membantu Anies Baswedan untuk membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik jika kelak terpilih pada Pilpres mendatang.  

“Kedua, ini yang tadi disebutkan, dia menjadi simbol perubahan,” jelasnya

Syarat ketiga kata Syaikhu adalah sosok yang bisa membantu Anies Baswedan untuk meraih kemenangan pada Pilpres kali ini, itu artinya sosok yang dibutuhkan adalah tokoh yang bisa mengkerek elektabilitas Anies Baswedan. 

“Satu hal lagi yaitu pobability-nya untuk menang ada,” tambahnya.

Baca Juga: Terbongkar! Putri Candrawathi dan Kuat Ma’ruf Ternyata Sudah Nikah Siri Sejak 2015, Serius?

Baca Juga: Benarkan Omongan Ustadz Abdul Somad Soal Jin Kafir di Salib Yesus, Daniel Mananta Teriak Lantang: Gue Pengen Ngomong Sama Orang Nasrani!

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover