Survei SSI: Jika PDIP Jagokan Puan Maharani Dijamin Langsung Keok di Pilpres 2024

Survei SSI: Jika PDIP Jagokan Puan Maharani Dijamin Langsung Keok di Pilpres 2024 Kredit Foto: Humas DPR/Jaka/Man

Hasil survei Lembaga Skala Survei Indonesia (SSI) menunjukan elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani hanya memperoleh 0,7 persen.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim mengatakan, jika PDIP tetap menjagokan putri dari Megawati Soekarnoputri itu dipastikan partai berlambang banteng bakal keok di putaran pertama.

Dia menjelaskan, pada ronde pertama simulasi pilpres dengan empat calon, justru Ganjar Pranowo unggul dengan elektabilitas 28,6 persen, kemudian Prabowo meraih 26,3 persen, Anies mendapat 23,3 persen, dan Puan memperoleh 0,7 persen; sementara itu, 21,1 persen lainnya tidak menjawab, mengaku tidak tahu, dan belum memutuskan.

Baca Juga: Giliran PPP Aceh yang Nyatakan Siap Dukung Anies Baswedan

"Jika ada empat nama yang maju, belum ada satu capres pun yang memiliki elektabilitas mencapai 50 persen plus 1 untuk bisa memenangi kontestasi (simulasi pilpres) dalam satu ronde," kata Hakim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (18/11/2022).

"Bahkan, jika suara yang tidak tahu atau tidak jawab atau rahasia atau belum memutuskan ditambahkan secara proporsional ke empat nama yang maju, juga belum (ada 50 persen plus 1)," Hakim menambahkan.

Dengan demikian, lanjut Hakim, pilpres tidak akan selesai dalam satu babak dan berpotensi berlanjut ke putaran kedua. Berdasarkan simulasi itu, yang berpotensi maju ke putaran kedua adalah Ganjar dan Prabowo.

Baca Juga: Puan Ungkap Isi Pembicaraan SBY & Megawati di Acara Makan Malam KTT G20

"Di ronde kedua, jika yang maju adalah Prabowo versus Ganjar, maka Prabowo punya potensi lebih besar untuk mengalahkan Ganjar dengan tingkat keterpilihan 35,3 persen; sedangkan Ganjar 33,8 persen," kata Hakim.

Hakim mengatakan Prabowo unggul pada putaran kedua karena suara para pemilih Anies di putaran pertama cenderung berpindah kepadanya.

"Suara Anies akan berpindah memilih Prabowo sebanyak 31,5 persen, sementara yang memilih Ganjar sebanyak 17,9 persen," katanya.

Baca Juga: Diteriaki ‘Puan Presiden’ saat Konferensi Pers, Puan Langsung Pegang Dada dan Senyum

Selanjutnya, dalam simulasi pilpres hanya diikuti tiga kandidat-yakni Prabowo, Anies, dan Puan-pada putaran pertama, Prabowo unggul dengan elektabilitas 31,3 persen; Anies 28,1 persen; dan Puan 3,0 persen. Lalu pada putaran kedua, Prabowo kembali unggul dengan elektabilitas 33,2 persen.

Pada putaran pertama simulasi pilpres dengan kandidat Prabowo, Ganjar, dan Puan, kemenangan diraih oleh Prabowo dengan elektabilitas 31,8 persen; selanjutnya Ganjar sebanyak 31,6 persen dan Puan Maharani 3,3 persen.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Populis dengan Suara.com.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover