Malaysia Ngotot Jadi Anggota G20 Meski Ditolak Jokowi, Benarkah?

Malaysia Ngotot Jadi Anggota G20 Meski Ditolak Jokowi, Benarkah? Kredit Foto: MEDIA CENTER G20 INDONESIA/Prasetyo Utomo

Video mencatut Negeri Jiran Malaysia beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun TikTok ini pada 10 November 2022. 

Video itu dilengkapi narasi yang mengatakan, Malaysia tidak terima negaranya ditolak menjadi anggota G20 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Baca Juga: Pemimpin Dunia Difasilitasi Ratusan Mobil Listrik, Begini Nasib Kendaraan Itu Setelah G20 Berakhir

Berikut narasi yang melengkapi video terkait. 

"malaysia ngotot ingin masuk g20 tapi berkali kali di tolak,karna gak memenuhi syarat sampai rakyat malaysia irih sama indonesia 

malaysia di tolak presiden RI pak joko widodo saat indonesia menjadi presiden g20" 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Malaysia tidak terima negaranya ditolak menjadi anggota G20 oleh Presiden Jokowi. 

Melansir Populis.id, G20 merupakan kerja sama sejumlah negara yang dianggap memiliki perekonomian terbesar di dunai. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tergabung sebagai anggota G20. 

Malaysia sendiri bukan anggota G20, sebab tidak memenuhi kriteria dari sisi PDB, populasi, dan volume perdagangan. 

Baca Juga: Benarkah Jokowi Tolak Malaysia Menjadi Anggota Penuh G20?

Namun, delegasi Malaysia dan sejumlah negara non anggota dipastikan mendapat tempat untuk mengikuti beberapa agenda KTT G20 di Bali. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan narasi Malaysia tidak terima negaranya ditolak menjadi anggota G20 adalah tidak benar. Faktanya, Malaysia bukan bagian dari G20. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover