Ngaku Jadi Tamu Kehormatan Ternyata Anies Hanya Jadi Penerima Tamu G20, Apa Benar?

Ngaku Jadi Tamu Kehormatan Ternyata Anies Hanya Jadi Penerima Tamu G20, Apa Benar? Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Foto mencatut mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beredar di media sosial. Foto tersebut dibagikan pengguna akun Twitter pada 16 November 2022. 

Foto itu memperlihatkan Anies berdiri di luar lokasi makan siang tamu G20. Foto disertai narasi yang mengatakan, Anies menjadi penerima tamu undangan G20 di Bali usai mengaku jadi tamu kehormatan. 

Baca Juga: Sosok Ini yang Cocok buat Anies Baswedan Dijamin Elektabilitas Tinggi, Ternyata Oh Ternyata, Orangnya...

Berikut narasi yang menyertai foto terkait. 

"Bapak politik identitas yang kata pendukungnya tamu kehormatan di G20. Ko wajahnya plesiden 212 itu memelas berdiri ya? Kasihan, penerima tamu undangan ngaku-ngaku tamu kehormatan. Gini amat mau dielu-elukan sampai ga punya malu." 

Setelah dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar Anies menjadi penerima tamu undangan G20 dan berdiri di luar tempat makan siang G20. 

Foto identik ditemukan pada akun Twitter resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi) @jokowi yang diunggah pada 15 November 2022. Dalam foto yang sama, tidak ada sosok Anies yang berdiri di luar tempat makan siang G20. 

Baca Juga: Kunjungi Sejumlah Pesantren di Jawa Barat, Anies Cari Wejangan untuk Pilpres 2024?

Sebelumnya, Anies membagikan momen dirinya menjadi pembicara di salah satu rangkaian acara G20 lewat akun media sosialnya. Anies diundang sebagai pembicara dalam acara Bloomberg NEF Summit di Nusa Dua, Bali yang berlangsung pada Sabtu (12/11) lalu. 

Dengan demikian, foto Anies menjadi penerima tamu G20 dan berdiri di luar tempat makan siang G20 adalah tidak benar. Faktanya, foto yang dibagikan merupakan hasil suntingan. 

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover