Tidak Benar, Air Laut Pantai Pangandaran Surut Pasca Gempa di Cianjur

Tidak Benar, Air Laut Pantai Pangandaran Surut Pasca Gempa di Cianjur Kredit Foto: M Risyal Hidayat

Video terkait gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun TikTok ini pada 21 November 2022. 

Video itu memperlihatkan air laut di sebuah pantai surut. Lokasi video tersebut diklaim berada di Pantai Pangandaran serta diklaim terjadi pasca gempa mengguncang Cianjur. 

Baca Juga: Ke Lokasi Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Malah Sengaja Pilih Jalur Darat, Ternyata Alasannya...

Berikut narasi yang melengkapi video terkait. 

"ada apa ini? seram hari ini pantai Pangandaran air laut kering ? semua waspada

air laut kering pasca gempa bumi" 

Kemudian dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar lokasi air laut surut itu berada di Pantai Pangandaran. 

Cuplikan serupa ditemukan pada video dari kanal Tribunnews yang diunggah pada 13 Oktober 2022 dengan judul "Viral Video Fenomena Air Laut Surut Mirip Tanda Tsunami di Pantai Sampur Babel, Ini Penjelasan BPBD".  

Baca Juga: Gempa Cianjur Renggut Ratusan Nyawa, Orang PDIP: Masih Bagus Jam Satu Siang, Bayangkan Kalau Malam

Diketahui fenomena air laut surut itu terjadi di Pantai Sampur, Kepulauan Bangka Belitung. Kepala Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan, fenomena itu adalah surut musiman dan air akan kembali saat gaya tarik melemah. Lebih lanjut, fenomena tersebut bisa terjadi ketika akan masuk musim barat dan dipengaruhi oleh bulan. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video air laut surut pasca gempa di Pantai Pangandaran adalah tidak benar. Faktanya, fenomena yang terjadi dalam video tersebut berlokasi di Pantai Sampur, Kepulauan Bangka Belitung. 

Baca Juga: Qatar Perkenalkan Syariat Islam Lewat Piala Dunia 2022, Ustaz Hilmi Firdausi: Ini Piala Dunia Akhirat, Allahu Akbar!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover