Habib Rizieq Ungkap Ada Orang Jabatannya Tinggi Tapi Raja Bohong, Refly Harun: Kita Tahu Siapa...

Habib Rizieq Ungkap Ada Orang Jabatannya Tinggi Tapi Raja Bohong, Refly Harun: Kita Tahu Siapa... Kredit Foto: Taufik Idharudin

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyoroti terkait pernyataan dari eks Imam Besar Front Pembela Indonesia (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Ia menyinggung salah satu ceramah Habib Rizieq mengatakan di Indonesia ada seseorang yang mempunyai jabatan tinggi, tetapi banyak bohongnya, dan pantas disebut 'Si Raja Bohong’.

“Yang kita harus pahami itu adalah bahwa Habib Rizieq tetap di orbitnya ya, artinya dia orbit opposition ya orbit oposisi kepada pemerintah,” tutur Refly dilansir dari kanal Youtubenya pada Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, kalau dilihat dari pernyataan Habib Rizieq lebih seperti seorang Dai yang mengingatkan penguasa. 

“Tetapi, kalau kita lihat pernyataan ini lebih sebagai seorang Dai mengingatkan penguasa. Jadi bukan ulama yang mendekat ke istana tapi ulama yang mendekat mengingatkan penguasa,” lanjutnya.

Refly menilai, Habib Rizieq bukan tipe ulama yang kerap datangi Istana, dan bukan pula ulama yang dikunjungi oleh Istana.

“Kalau Habib Rizieq tidak dua-duanya, tidak datang ke Istana dan tidak dikunjungi Istana,” tuturnya.

Baca Juga: Heboh Gegara Uang di Rekening Brigadir J dan Bripka RR, Ferdy Sambo Gembar-Gembor Ngaku, Itu Uang…

“Jadi dia betul-betul menjadi seorang penceramah, seorang pemimpin umat yang berada di luar mainstream kekuasaan Istana. Karena itu, penting bagi kita untuk mendengarkan apa sesungguhnya perspektif Habib Rizieq dalam konteks tertentu,” kata Refly.

Ia menilai sebutan ‘Si Raja Bohong’ dalam imajinasi masyarakat pun sudah tahu siapa yang dimaksud, namun tidak boleh menyebutkan nama secara spesifik.

“Dalam imajinasi kita, kita tahu siapa yang dimaksud tetapi kita tidak boleh mention the name (menyebut nama) specifically (secara spesifik),” tutur Refly.

“Ya apa yang dikatakan Habib Rizieq tentu ngeri-ngeri sedap juga ya, ditambah menurut saya dia tidak mungkin berkampanye untuk calon tertentu mengingat keterbatasan yang ada. Tapi berkomentar boleh dong masa tidak boleh,” katanya.

Sebelumnya, Eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab kembali berceramah dan sempat menyinggung orang yang punya jabatan tinggi namun hobinya berbohong, seharusnya orang itu dijuluki sebagai ‘Si Raja Bohong’.

Baca Juga: Heboh soal Selebaran Khilafah Bergambar Anies, Nasdem Pasrah: Biarkan Saja Nanti...

“Jangan kaget kalau ada orang kerjaannya bangun tidur ngebohong, pagi ngebohong, siang ngehobong sore ngehobong, setiap hari ngebohong. Udah gitu jabatannya tinggi, bohong melulu. Nggak apa-apa kasih gelar ‘Si Raja Bohong’, nggak apa-apa saudara,” katanya dilansir dari kanal Youtube Islamic Brotherhood TV pada Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Pengungsi Cianjur Copot Label Gereja, Pak Polisi: Tidak Intoleransi, Cuman Stikernya yang Dibuka, Tendanya Tetap Dipakai!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover