Anies Bakal Kewalahan Kalau Lawan Capres Pilihan Sosok Ini, Nggak Disangka-sangka...

Anies Bakal Kewalahan Kalau Lawan Capres Pilihan Sosok Ini, Nggak Disangka-sangka... Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Direktur eksekutif parameter Publik Indonesia, Ras Md menilai bakal calon presiden Anies Baswedan yang diusung oleh Partai Nasdem akan kewalahan jika berhadapan dengan poros Prabowo Subianto-Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Menurutnya, jika Jokowi dan Megawati Soekarnoputri satu frekuensi dalam Pilpres maka besar kemungkinan hanya memunculkan satu poros saja, yakni Prabowo-Ganjar.

“Tentu Anies akan kewalahan menghadapi poros ini. Apalgi jika Anies salah milih pasangan,” ujar Ras Md ke fajar.co.id, Rabu (23/11/2022).

Alasan mengatakan poros Prabowo-Ganjar akan berat bagi Anies Baswedan, menurut Ras, ada dua.

Alasan utama, yakni intervensi kekuasaan. Ia mengatakan mudah bagi Jokowi memainkan irama kekuasannya untuk mengawal kemenangan sang jagoan. Kemudian, alasan kedua adalah kelompok pemilih rezim mudah terbangun.

Baca Juga: Sudah Waktunya! Kader KAHMI Anies Baswedan Jadi Presiden

Sebab hanya satu poros saya yang diusung oleh kelompok rezim. “Tentu asosiasi pemilih Jokowi cenderung solid,” katanya. 

Sehingga tergambar pada Pilpres mendatang hanya ada dua faksi pemilih saja. Pemilih antitesa rezim dan pemilih rezim Jokowi.

Kelompok yang tak puas dengan rezim Jokowi cenderung akan memilih Anies. Begitupun sebaliknya. Para pendukung rezim Jokowi memilih sosok yang didukung oleh Jokowi.

Namun, beda certia jika terjadi scenario tiga pasang calon presiden. Anies, Prabowo, dan Ganjar, dalam konteks seperti itu, potensi Anies memenangkan pertarungan cukup terbuka. Walaupun potensi dua putaran akan terjadi.

Menurutnya Anies berpeluang menang, karena konsentari pemilih rezim Jokowi akan terpecah walaupun Ganjar bakal lebih unggul dari Prabowo untuk menggaet pemilih Jokowi.

Ia juga mengatakan di kelompok antitesa rezim, tentu solid ke Anies. Sehingga peluang figure masuk ke putaran selanjutnya hanya Anies dan Ganjar saja. Kemudian, pemilih Prabowo akan cenderung migrasi ke Anies.

Baca Juga: Heboh soal Selebaran Khilafah Bergambar Anies, Nasdem Pasrah: Biarkan Saja Nanti...

Tentu kecenderungannya lebih besar ke Anies. Faktor irisan suara antara Anies dan Prabowo cukup kuat," pungkasnya.

Baca Juga: Anies dan PA 212 Bakal Dirikan Negara Khilafah Jika Menang Pilpres, Apa Benar?

Lihat Sumber Artikel di Fajar Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Fajar. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Fajar.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover