Surpres Calon Panglima TNI Akan Dikirim Jokowi ke DPR Hari Ini, 2 Nama Ini Jadi Sorotan

Surpres Calon Panglima TNI Akan Dikirim Jokowi ke DPR Hari Ini, 2 Nama Ini Jadi Sorotan Kredit Foto: Antara/Didik Suhartono

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengirimkan surat presiden (surpres) terkait nama pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa ke DPR pada Rabu (23/11/2022). Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno mengatakan, pengiriman surpres tersebut dilakukan karena dalam waktu dekat DPR akan memasuki masa reses.

"Surpres penggantian Panglima TNI itu kita, kan reses dalam beberapa waktu ke depan akan reses di DPR, kita sudah menghitung. Pada hari ini kita akan dikirim kepada DPR surpresnya," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Gak Cuma Ganjar, Mahfud MD Juga Sering Bertemu dengan Anies, Puan Sampai Prabowo Subianto: Semua Adalah Kader Bangsa Yang Harus Disemangati

Kendati demikian, ia tak menyebut pukul berapa surpres tersebut akan dikirimkan ke DPR pada hari ini. Selain itu, ia juga enggan menyampaikan nama calon yang diserahkan kepada DPR.

"Nanti. Kalau sudah diterima dari DPR, nanti dari DPR lah yang menyampaikan," ujarnya.

Meskipun begitu, Pratikno sempat memberikan petunjuk bahwa nama calon Panglima TNI yang diajukan menjabat sebagai kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif.

"Jelas kalau calon Panglima TNI itu pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan clue-nya gitu," kata Pratikno.

Baca Juga: KSAL Yudo Margono Bertemu Mensesneg, Sinyal Calon Panglima TNI?

Ada dua nama yang disebut-sebut menjadi kandidat pengganti Jenderal Andika Perkasa. Mereka adalah KSAD Jenderal Dudung Abdurachman dan KSAL Laksamana Yudo Margono. Adapun KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo kecil peluangnya karena sebelum Andika, panglima dijabat Marsekal Hadi Tjahjanto selama empat tahun.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada Desember 2022. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pergantian Panglima TNI tinggal menunggu surat dari Presiden Joko Widodo atau surpres.

Baca Juga: Mengapa KIB Belum Deklarasi Capres 2024? Ternyata Oh Ternyata... Airlangga Blak-blakan Ngomong Begini

“Kalau kami kan tinggal menunggu surpres dari presiden baru kemudian kita akan proses sesuai mekanisme yang ada di DPR," kata Dasco kepada wartawan di kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Anies dan PA 212 Bakal Dirikan Negara Khilafah Jika Menang Pilpres, Apa Benar?

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover