Ruhut Sitompul Pasang Kuping Baik-Baik! Refly Harun: Hobimu Hina Anies Baswedan, Tak Berani Kritik Istana

Ruhut Sitompul Pasang Kuping Baik-Baik! Refly Harun: Hobimu Hina Anies Baswedan, Tak Berani Kritik Istana Kredit Foto: Instagram/Refly Harun

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menyenggol Ruhut Sitompul yang dinilainya sangat ‘enteng’ memberikan kritik pedas bahkan hoaks kepada tokoh oposisi, contohnya Anies Baswedan.

Tetapi, katanya, Ruhut tak pernah terlihat mengkritik pemerintah.

“Lagi dan lagi, Ruhut Sitompul menghina Anies Baswedan tapi aman ya dia. Karena konon katanya kalau mau aman jangan menghina istana, tapi hinalah Anies Baswedan,” kata Refly seperti dilansir dari youtube channelnya, Rabu (23/11/22).

Baca Juga: Kader Senior Hengkang Berjemaah dari NasDem Gegara Mas Anies, Celetukkan Ruhut Sitompul Nyelekit Abis: Bentar Lagi Jenggotnya Kadrun Bakal…

“Tapi nanti kalau Anies Baswedan di istana, nah lain lagi ya ceritanya. Penegak hukumnya pasti berubah 180 derajat, kalau penegak hukumnya tidak netral atau tidak independen,” tambah Refly.

Ia jadi penasaran apakah Ruhut melakukan itu (menghina Anies) karena dia independen atau karena dia diperintahkan oleh sebuah struktur atau kekuasaan yang mengendalikan dia?.

“Kan mengendalikan orang itu mudah sebenarnya. Bisa dengan uang ya, dengan ancaman juga. Jadi tinggal kita lihat apakah dia independen, ya kalau dia independen sebagai sikap politik, it's oke ya,” kata Refly.

Baca Juga: Pasukan Bu Mega Serang Anies Lagi, Muhammadiyah sampai Dibawa-bawa... 'Udah Gak Usah Pusing, Mau Percaya Ruhut atau Anies?

“Walaupun saya tidak pernah membiarkan orang menghina lawan politiknya. Tapi kalo dia menghina karena dibayar atau karena disuap dengan jabatan, dibayar dengan uang misalnya atau dibayar dengan pekerjaan. Itu lebih hina lagi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Refly juga mengatakan Ruhut bukanlah orang yang bisa berargumen dengan dasar ilmiah atau logis.

“Ruhut Sitompul ya kalau disuruh bikin narasi yang lebih cerdas, mungkin nggak bisa, nggak ngerti dia,” kata Refly.

Ia pun menceritakan pengalamannya saat Ruhut menjadi pembicara dalam suatu acara debat di televisi. Ruhut kata Refly selalu kebagian menjadi tokoh gimmick.

Baca Juga: Dua Kader Senior Mundur dari Nasdem Usai Deklarasi Anies Capres 2024, Ruhut Sitompul Koar-koar Sebut Kadrun Sampai Jenggot Kebakar

“Karena ya kita nggak pernah lihat reaksi Ruhut berdebat secara ilmiah gitu, kecuali tadi ya kira-kira buat lelucon saja ya,” kata dia.

“Makanya saya ingat betul ya kalau di ILC, Indonesia Lawyer Club dulu ketika masih versi televisi. Ada orang yang diundang untuk substansi, orang ini serius. Tapi ada pula untuk gimmick,” jelasnya. 

“Nah, Ruhut Sitompul ini selalu diundang untuk gimmick biar debatnya tidak membosankan kira-kira begitu ya,” tambahnya.

Baca Juga: Anies dan PA 212 Bakal Dirikan Negara Khilafah Jika Menang Pilpres, Apa Benar?

Lihat Sumber Artikel di Warta Ekonomi Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover