Gegara Ucapan Jokowi, PKB Ngebela Anies soal Politik Identitas: Jangan Hanya Karena Beliau Orang Arab...

Gegara Ucapan Jokowi, PKB Ngebela Anies soal Politik Identitas: Jangan Hanya Karena Beliau Orang Arab... Kredit Foto: Moehamad Dheny Permana

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid (Gus Jazil) heran jika ada pihak yang menyebut Anies Baswedan dengan politik identitas. Hal itu disampaikan dirinya ketika ditanya mengenai arahan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait imbauan agar memerangi politik identitas pada Pilpres 2024.

Ia menyebut, hal itu bukan ditujukan untuk Anies.

"Di mana politik identitasnya Pak Anies?, di mana rekam jejaknya politik identitasnya Pak Anies?," ujar Gus Jazil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, ia harus mengatakan jika memang ada anggapan yang salah selama ini terhadap Anies. Ia menyebut adanya anggapan politik identitas kepada Anies sengaja dilakukan pihak-pihak yang ingin menyerang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Saya harus sampaikan supaya gak salah paham, meskipun kami membangun koalisi dengan Pak Prabowo, dimana rekam jejaknya politik identitas Pak Anies? Lihat saja ketika dia jadi Gubernur, atau aktivis, enggak ada itu, semua menurut saya sedang dibuat semacam pembusukan kepada Pak Anies," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa pernyataan dari Jokowi terkait perangi politik identitas disampaikan untuk semua calon kontestan Pemilu mendatang.

Baca Juga: Beredar Isu PKB dan Gerindra Bakal Cerai, Gegara Prabowo Pilih Ganjar Jadi Pasangan, Kubu Cak Imin: Itu Titik Buntu

Tak hanya Anies, kata Jazil, Prabowo pun keran menjadi sasaran dianggap melakukan politik identitas.

Maka itu, PKB berkoalisi dengan Gerindra agar anggapan itu terpatahkan.

"Tetapi kami tidak akan menuduh kelompok lain menggunakan itu, karena itu akan membuat suasana politik semakin panas. Kita kan ingin Pemilu ini jadi ajang riang gembira, tidak ada politik identitas, sama tak ada penggunaan penyelewengan isu-isu lain, termasuk ras dan hukum dan macan-macam," ungkapnya.

"Pertanyaannya soal Pak Anies, saya enggak lihat di mana politik identitasnya Pak Anies? jangan hanya karena beliau orang Arab itu dianggap politik identitas ya nggak bisa begitu juga," lanjutnya.

Baca Juga: Kalau Tidak Kuat Usung Anies Jadi Capres, Nasdem Harus Tetap Bertanggungjawab: Tidak Boleh Mundur...

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi mengingatkan untuk bakal calon presiden dan calon wakil presiden tak melakukan politisasi SARA menjelang Pemilu 2024.

"Debat silakan, debat gagasan, debat ide membawa negara ini lebih baik silakan. Tapi jangan sampai panas. Apalagi membawa politik-politik SARA. Tidak, jangan. Politisasi agama, tidak, jangan," kata Presiden Jokowi dalam Musyawarah Nasional ke-17 HIPMI, Surakarta, Jawa Tengah.

Baca Juga: Terduga Penghina Iriana Diusir hingga Diarak Warga Setempat, Apa Benar?

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover