Apa Itu Kapitalisme?

Apa Itu Kapitalisme? Kredit Foto: Adam Smith

Kapitalisme merupakan sistem ekonomi yang diadopsi secara luas di mana ada kepemilikan pribadi atas alat-alat produksi. Sistem kapitalis modern biasanya mencakup ekonomi yang berorientasi pasar.

Baca Juga: Musuhnya Rocky Gerung yang Kuasai 3.000 Hektar Lahan Habis Dihajar Amien Rais, Dasar Bandit Ekonomi

Hal ini berarti bahwa produksi dan penetapan harga barang, serta pendapatan individu, lebih banyak ditentukan oleh kekuatan pasar yang dihasilkan dari interaksi antara bisnis swasta dan individu daripada oleh perencanaan terpusat yang dilakukan oleh instansi pemerintah atau daerah.

Kapitalisme dibangun di atas konsep kepemilikan pribadi, motif keuntungan, dan persaingan pasar. Sehingga, fitur penting dari kapitalisme adalah motif untuk membuat keuntungan.

Baca Juga: Novel Bamukmin Kesal Sampai Ubun-ubun Gegara Kapitra Bilang Kekuatan Rizieq Shihab Nol Besar: Daya Gempur Beliau Dahsyat, Beda Dengan Jokowi

Seperti yang dikatakan Adam Smith, filsuf abad ke-18 dan bapak ekonomi modern, bahwa :

“It is not from the benevolence of the butcher, the brewer, or the baker that we expect our dinner, but from their regard to their own interest.”

Pernyataan Smith memiliki arti bahwa bukanlah kebaikan dari tukang daging, pembuat bir, atau pembuat roti yang kita harapkan dari makan malam kita, tetapi dari perhatian mereka terhadap kepentingan mereka sendiri.

Melalui pernyataan ini dapat diartikan bahwa, kedua pihak dalam transaksi pertukaran sukarela memiliki kepentingan sendiri dalam hasil, tetapi tidak dapat memperoleh apa yang dia inginkan tanpa mengatasi apa yang diinginkan pihak lain.

Kepentingan pribadi yang rasional inilah yang dapat membawa pada kemakmuran ekonomi.

Dalam ekonomi kapitalis aset modal seperti pabrik, tambang, dan rel kereta api dapat dimiliki dan dikendalikan secara pribadi.

Selain itu, tenaga kerja dibeli dengan upah uang; keuntungan modal diperoleh pemilik swasta; dan harga mengalokasikan modal dan tenaga kerja di antara penggunaan yang bersaing.

Meskipun beberapa bentuk kapitalisme adalah dasar untuk hampir semua ekonomi saat ini, untuk sebagian besar abad yang lalu itu hanyalah salah satu dari dua pendekatan utama untuk organisasi ekonomi. Di sisi lain, sosialisme, negara memiliki alat produksi, dan perusahaan milik negara berusaha memaksimalkan kebaikan sosial daripada keuntungan.

Asal Usul Teori Kapitalisme

Teori kapitalis modern secara tradisional dapat ditelusuri ke risalah abad ke-18 yakni “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations” oleh ekonom politik Skotlandia Adam Smith.

Sedangkan, asal-usul kapitalisme sebagai sistem ekonomi dapat ditempatkan pada abad ke-16. Dari abad ke-16 hingga ke-18 di Inggris, industrialisasi perusahaan massal, seperti industri kain, memunculkan sistem akumulasi modal yang diinvestasikan untuk meningkatkan produktivitas.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini