Soal Calon Panglima TNI, Dasco: Saya Pikir Semua Berpeluang, Tergantung...

Soal Calon Panglima TNI, Dasco: Saya Pikir Semua Berpeluang, Tergantung... Kredit Foto: Taufik Idharudin

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya sampai hari ini masih menunggu Surat Presiden (Surpres) terkait nama calon pergantian Panglima TNI. Di mana, masa aktif Panglima TNI Jenderal Andika akan berakhir pada 21 Desember 2022 mendatang.

Meski demikian, Dasco mengatakan perihal nama calon Panglima TNI ini merupakan hak prerogatif.

“Nah sehingga kami di DPR itu karena itu adalah hak prerogatif daripada presiden. Kami tentunya menunggu dan kemudian akan melakukan tahapan sesuai mekanisme apabila sudah diterima.” kata Dasco saat ditemui wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Ketua DPR RI Bertemu dengan PM Kamboja, Ini yang Dibahas

Mengenai, asal matra TNI calon pengganti Jenderal Andika nantinya, Politisi Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan semua punya peluang yang sama. 

“Saya pikir semua berpeluang itu tergantung dari pada kebutuhan panglima tertinggi yaitu Presiden dalam melihat situasi dan kondisi saat ini,” jelasnya.

Baca Juga: KSAL Laksamana Yudo Margono: Jangan Berandai-berandai Dalam Jabatan Panglima TNI itu, Sekarang Saya...

Diketahui, Sekjen DPR RI Indra Iskandar mengatakan surpres calon Panglima TNI batal diterima pada Rabu kemarin (23/11). Indra mengatakan pihak Sekretariat Negara (Setneg) akan menyerahkan surat itu pada 28 November 2022.

"Jadi penyerahan surpres Panglima TNI itu akan diserahkan oleh Mensesneg kepada Ibu Puan itu tanggal 28 November," kata Indra. 

Baca Juga: NasDem Ogah Anies Dicap dengan Politik Identitas, Johnny: Boleh Bertarung Memenangkan Tapi Abis itu...

Indra mengatakan penyerahan surpres ke DPR pada pekan depan lantaran Ketua DPR Puan Maharani masih berada Pnom Penh, Kamboja. Puan sendiri menjadi delegasi DPR RI untuk menghadiri 43th General Assembly of ASEAN Interparliamentary (AIPA).

Baca Juga: Rizal Ramli Bayar Orang untuk Habisi Gibran, Benarkah?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover