Kader Hengkang dari Partai Gegara Usung Anies, Keuangan Nasdem Bakal Terancam?

Kader Hengkang dari Partai Gegara Usung Anies, Keuangan Nasdem Bakal Terancam? Kredit Foto: Taufik Idharudin

Kabar keluarnya kader senior Partai Nasdem Enggartiasto Lukita akan berdampak pada kemampuan keuangan partai. Enggar pada saat ini merupakan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan di Partai Nasdem.

“Tentu efeknya tidak sedikit, duit Nasdem akan berkurang. Begitu juga pada elektoral,” ungkap pengamat politik Ray Rangkuti ketika dihubungi Akurat.co, Kamis (24/11/2022).

Ray mengatakan jika memang benar Enggar mundur dari Nasdem, maka pasti mengacu tiga hal. Pertama, tentu alasan yang berbentuk pragmatis.

Baca Juga: Singgung Anies Baswedan yang Diduga Disindir Ahok, JK: Lebih Suka Mana, yang Pintar Bicara atau Pintar Marah?

“Misalnya tidak mendapat keuntungan dari sikap politik partai, yang kedua bisa saja karena tidak merasa dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan kebijakan strategi dari parpol. Ini baru dugaan saya ya,” katanya.

Menrutnya, jika keluarnya Enggar terdapat unsur kekecewaan.

Tak hanya itu, faktor ketiganya, masih berkaitan dengan politik 2019 di DKI Jakarta. Meski Anies Baswedan bukan sebabnya, tapi lebihnya Anies berhadapan dengan praktik politik.

Baca Juga: Ternyata Oh Ternyata Ini Tujuan Surya Paloh Usung Anies Jadi Capres, Mantan Kader Nasdem Blak-blakan Bongkar Demi...

“Nah dari tiga sebab biasanya orang-orang parpol yang keluar ini kira-kira apa yang menyebabkan keluar dari Nasdem, saya tidak tahu, tapi dugaan besar saya si begitu,” pungkasnya.

Baca Juga: Ngaku Pro Relawan Anies, Eh Rocky Gerung Bongkar Borok Para Relawannya Ganjar: Dikasih Uang Jajan Dulu Baru Jalan

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Populis dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover