Disampaikan Obama Langsung, Benarkah Indonesia dapat Satukan AS dan Rusia Lewat G20?

Disampaikan Obama Langsung, Benarkah Indonesia dapat Satukan AS dan Rusia Lewat G20? Kredit Foto: MEDIA CENTER G20 INDONESIA/Prasetyo Utomo

Video mencatut Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun Facebook pada 10 November 2022. 

Video itu memperlihatkan Obama yang tengah berpidato di atas podium yang diklaim mengatakan bahwa Indonesia dapat menyatukan AS dengan Rusia lewat G20

Baca Juga: Gegara Nilai G20 Gagal, Benarkah Menteri Ini Langsung Dipecat Jokowi?

Berikut narasi yang menyertai video terkait. 

"Obama yakin bahwa Indonesia bisa menyatukan USA dan Rusia yang akan di selenggarakan di Bali G20" 

Setelah dilakukan penelusuran untuk cek fakta, tidak benar dalam pidato itu Obama mengatakan Indonesia dapat menyatukan AS dan Rusia lewat G20. 

Video identik ditemukan pada kanal resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta dengan judul "Pidato Presiden Obama di UI Part 1/4", diunggah pada 14 November 2011. 

Dalam kesempatan tersebut, Obama menceritakan masa kecilnya yang sebagian besar ia habiskan di Indonesia, tepatnya di Jakarta. 

Baca Juga: Barack Obama Pekenalkan Anies Baswedan Sebagai Capres 2024, Apa Benar?

Ia juga menggambarkan kondisi Jakarta pada saat itu yang sudah berbeda sekali dengan zaman sekarang. 

Dengan demikian, video dengan narasi Obama yakin Indonesia dapat menyatukan AS dan Rusia lewat G20 adalah tidak benar. Faktanya, pidato Obama dalam video itu tidak berkaitan dengan AS dan Rusia. 

Baca Juga: Paloh Nggak Bisa Hadir di Pernikahan Putra Jokowi Karena Alasan Sakit, Ada yang Nyeletuk: Sebagai Petarung, Kecil Kemungkinan Dia...

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover