Berkat Pasal 51 KUHP, Benarkah Bharada E Bebas hingga Diangkat Anak Oleh Orang Tua Brigadir J?

Berkat Pasal 51 KUHP, Benarkah Bharada E Bebas hingga Diangkat Anak Oleh Orang Tua Brigadir J? Kredit Foto: Taufik Idharudin

Video terkait terdakwa pembunuhan Brigadir J, Richard Eliezer atau Bharada E beredar di media sosial. Video tersebut dibagikan pengguna akun Facebook pada 19 November 2022. 

Video itu dilengkapi narasi yang mengeklaim bahwa Bharada E dibebaskan karena Pasal 51 KUHP dan diangkat menjadi anak oleh orang tua Brigadir J. 

Baca Juga: Siap-siap Diskakmat! Pengacara Bharada E Ngaku Punya Bukti Tembakan Mematikan Sambo: Pas Ichad Tembak, Dia masih ‘eee’ Kayak..

Berikut narasi yang melengkapi video terkait. 

"Usai Bharada E Bebas Karna Pasal 51 KUHP, Samuel dan Rosty Angkat Richard Eliezer Jadi Anak" 

Kemudian video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ada informasi terkait Bharada E dibebaskan berkat Pasal 51 KUHP dan diangkat anak oleh orang tua Brigadir J. 

Video tersebut membahas soal kemungkinan Bharada E bisa bebas dari jerat hukum jika Pasal 51 KUHP diterapkan. Sebab dalam Pasal 51 KUHP siapapun yang menerima perintah dari atasan tidak dipidana. 

Berikut bunyi Pasal 51 ayat 1 KUHP, “Barang siapa melakukan perbuatan untuk melaksanakan perintah jabatan yang diberikan oleh penguasa yang berwenang, tidak dipidana.”

Baca Juga: Diketahui Punya Fans, Kemunculan Bharada E di Sidang Lanjutan Kasus Brigadir J Bikin Penggemar Cewek Histeris dan Berteriak Begini

Hal serupa juga dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Melansir Tribun Gorontaloia menyebut Bharada E bisa saja bebas namun pemberi instruksi menembak disinyalir tidak bisa bebas. 

Berdasarkan hasil penelusuran, video dengan klaim Bharada E bebas karena Pasal 51 KUHP dan diangkat anak oleh orang tua Brigadir J adalah tidak benar. Faktanya, video hanya membahas kemungkinan Bharada E bisa bebas dengan Pasal 51 KUHP. 

Baca Juga: Demi Jegal Anies, Benarkah Jokowi Mengubah UU Pemilu?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover