Gegara Hina Batik yang Dipakai Delegasi G20, Bule Ini Dikeroyoki Warga, Apa Benar?

Gegara Hina Batik yang Dipakai Delegasi G20, Bule Ini Dikeroyoki Warga, Apa Benar? Kredit Foto: Fajar.co.id

Video terkait G20 di Bali beredar di media sosial. Video tersebut diunggah sebuah kanal YouTube pada 18 November 2022. 

Video itu disertai sampul dan judul yang menyebut warga negara asing (WNA) dikeroyoki warga karena menghina batik yang dikenakan delegasi G20. 

Baca Juga: Ngaku Jadi Tamu Kehormatan Ternyata Anies Hanya Jadi Penerima Tamu G20, Apa Benar?

Berikut narasi dalam sampul dan judul video terkait. 

"MENGHINA BATIK KTT G20 SEORANG BULE DIHAJAR RAMAI-RAMAI WARGA 

HINA BATIK YANG DIPAKEK PRESIDEN KTT G20, SEORANG BULE BERAKHIR BEGINI" 

Setelah video diperdengarkan untuk cek fakta, tidak ditemukan informasi terkait WNA dikeroyoki warga karena menghina batik yang dikenakan delegasi G20. 

Video tersebut membahas tentang cuitan akun Twitter warga negara Inggris yang dianggap menghina kain tenun endek Bali yang dikenakan delegasi G20. 

Baca Juga: Sukses Pimpin Perhelatan G20 di Bali, Erick Thohir Ditunjuk Jokowi Jadi Ketua Panitia Nikahan Kaesang, Masuk Kriteria Calon Pemimpin Bangsa?

Narasi yang disampaikan sesuai dengan artikel Suara.com berjudul "Ledek Tamu KTT G20 yang Pakai Tenun Endek Bali, Warganet Inggris Ngaku Jurnalis Panen Hujatan", tayang pada 16 November 2022. 

Dengan demikian, video dengan narasi WNA dikeroyoki warga karena menghina batik adalah tidak benar. Faktanya, tidak ada informasi kredibel yang mendasari klaim tersebut. 

Baca Juga: Paloh Nggak Bisa Hadir di Pernikahan Putra Jokowi Karena Alasan Sakit, Ada yang Nyeletuk: Sebagai Petarung, Kecil Kemungkinan Dia...

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover