Banyak Kader PAN Minta Anies Jadi Presiden, Relawan Amanat Hanya Bantu Dorong dan Gak Punya Afiliasi Partai

Banyak Kader PAN Minta Anies Jadi Presiden, Relawan Amanat Hanya Bantu Dorong dan Gak Punya Afiliasi Partai Kredit Foto: Taufik Idharudin

Koordinator kelompok relawan Amanat Indonesia, Sahrin Hamid mengklaim bahwa kelompoknya sama sekali tidak punya afiliasi ke partai manapun, termasuk ke Partai Amanat Nasional (PAN). Ia juga membantah ketika dukungannya soal pencapresan Anies Baswedan dianggap sebagai suara yang mewakili PAN.

"Salah jika dikatakan bahwa Amanat Indonesia mewakili suara institusi PAN. Salah juga jika dikatakan bahwa Amanat Indonesia adalah organisasi yang berafiliasi ke Partai Amanat Nasional," kata Sahrin dalam keterangan yang diterima Populis.id, Jumat (25/11/2022).

Baca Juga: Relawan Amanat Indonesia Tetap Dukung Anies Meski Tidak Diusung PAN

Sahrin mengatakan bahwa pihaknya hanya ingin menyuarakan aspirasi kader-kader PAN di bawah yang meminta agar eks Gubernur DKI Jakarta itu diusung sebagai capres PAN di Pilpres 2024. Hal ini sejalan dengan langkah partai yang telah memasukkan nama Anies dalam nominasi capres.

"Yang betul adalah Amanat Indonesia mewakili sebagian dari aspirasi suara akar rumput PAN. Dan itu tidak berlawanan dengan suara institusi PAN," katanya.

"Institusi PAN secara formal telah menetapkan Anies Baswedan sebagai salah satu dari 9 nama bakal Calon Presiden PAN. Jadi apa yang disuarakan oleh Amanat Indonesia adalah seiring dengan apa yang telah ditetapkan PAN melalui Rakernas PAN," sambung Sahrin.

Baca Juga: NasDem Ogah Anies Dicap dengan Politik Identitas, Johnny: Boleh Bertarung Memenangkan Tapi Abis itu...

Sahrin menegaskan bahwa Amanat Indonesia merupakan sebuah kelompok yang diinisiasi oleh para tokoh-tokoh senior PAN. Hal ini sekaligus membantah omongan sejumlah petinggi PAN yang berbicara sebaliknya.

"Amanat Indonesia adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan yang sama untuk mendukung Anies sebagai Calon Presiden RI. Bahwa sebagian besar inisiator pembentukan Amanat Indonesia adalah para pendiri dan deklarator PAN. Itu adalah fakta yang tak bisa dipungkiri," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum sekaligus Juru Bicara Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menyebut orang-orang yang tergabung dalam Relawan Amanat Indonesia sudah bukan kader aktif lagi.

"Mereka sudah tidak aktif lagi di PAN. Atau bahkan ada yang sudah keluar dari PAN karena bergabung dengan partai politik lain," ujar Viva saat dimintai konfirmasi, Kamis (24/11/2022).

Baca Juga: Terduga Penghina Iriana Diusir hingga Diarak Warga Setempat, Apa Benar?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover